Kamis, 20 Juli 2017

Koramil 0815/11 Pungging Bekali Wasbang Peserta Didik Baru SMKN 1 Pungging

Baca Juga

Peserta Didik Baru SMKN 1 Pungging saat mengikuti game yang dipandu Babinsa Koramil 0815/11 Pungging, Kamis (20/07/2017).

Kab. MOJOKERTO - (harianbuana.com).
Kodim 0815 Mojokerto beserta Koramil Jajarannya terus melaksanakan pemantapan Ideologi Pancasila bagi generasi muda. Sebagaimana yang dilaksanakan oleh jajaran Koramil 0815/11 Pungging yang memberikan pembekalan materi Wawasan Kebangsaan bagi para Peserta Didik Baru di SMKN 1 Pungging jalan Raya Trawas Desa Lebaksono Kecamatan Pungging  Kabupaten Mojokerto pada Kamis (20/07/2017) ini. 

Dalam kegiatan tersebut, Danramil Pungging Kapten Inf Mujiono selaku pemateri Wawasan Kebangsaan memberikan bekal materi tentang Bela Negara, Disiplin Nasional, Cinta Tanah Air, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, tata nilai yang terkandung dalam Pancasila dan Peran Pancasila bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bagi Bangsa Indonesia.

Usai pembekalan materi Wasbang dilanjutkan Outbond seperti Water Estafet, Permadani Terbang, Tongkat Estafet, Buldozer, Bola Tali dan Holahop kemudian pemberian materi PBB meliputi gerakan dasar, gerakan di tempat, gerakan perubahan arah, gerakan berjalan, penghormatan dan defile.

Turut hadir dalam kegiatan ini, antara lain para Guru SMKN 1 Pungging, Bati Tuud Ramil Pungging Peltu Agus Gunadi, Bati Wanwil Ramil Pungging Pelda Suwandi,  Anggota Koramil Pungging (Serma Saki, Serka M. Jumariyanto, Sertu Arbah, Sertu Adi Kusuma Wardhana) dan Peserta Didik Baru sebanyak 608 orang.

Danramil Pungging Kapten Inf Mujiono menerangkan, bahwa tujuan dilaksanakannya pemberian materi Wasbang adalah untuk menbumbuhkan jiwa Pancasila bagi para generasi muda penerus bangsa. "Dilaksanakannya pemberian materi wawasan kebangsaan dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), untuk menumbuhkan motivasi dan semangat belajar bagi peserta didik baru SMKN 1 Pungging Tahun Pelajaran 2017/2018.  Selain itu, bertujuan  agar generasi muda memahami Pancasila sebagai Ideologi Negara serta mampu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari", terang Danramil Pungging.

Dijelaskannya, bahwa kegiatan pembinaan di SMKN 1 Pungging yang berlangsung selama 10 (sepuluh) hari itu yakni mulai Selasa (18/07/2017) — Sabtu (22/07/2017) dan Senin (24/07/2017) — Jum'at  (28/07/2017) itu sendiri adalah  merupakan permintaan pihak sekolah melalui Kepala SMKN 1 Pungging Dra. Prapti Widodo, MPd, MM. "Selain di SMKN 1 Pungging, kegiatan serupa juga digelar di SMPN 2 Pungging Desa Balongmasin, MA Dzulqurnain Desa Purworejo. Yang mana, hal ini dalam rangka pembinaan karakter dan melatih kedisiplinan siswa", pungkasnya. *(DI/Red)*