Selasa, 09 Januari 2018

Rileksnya Situasi Politik Jelang Pilwali Mojokerto 2018 Tak Mengurangi Kesiapan-siagaan Aparat Kepolisian

Baca Juga

Kapolresta Mojokerto AKBP Puji Hendro Wibowo saat memberi keterangan pers kepada beberapa awak media, Selasa (09/01/2018).

Kota MOJOKERTO - (harianbuana.com).
Rileksnya situasi politik Pilkada di Kota Mojokerto tak membuat aparat keamanan setempat terlena. Kapolresta Mojokerto AKBP Puji Hendro Wibowo menyatakan, bahwa pihaknya tengah menyiap-siagakan ratusan personilnya. Sebuah water canon pengacau massa juga ditempatkan di kantor KPU jalan Banteng Pancasila. "Kerawanan sekecil apapun kita waspadai dan antisipasi. Kita kerahkan anggota disini (KPU,  Red), ada yang melekat di gedung dan selama proses pendaftaran", tegas Kapolresta Mojokerto saat sidak di kantor KPU Kota Mojokerto, Selasa (09/01/2018).

Selama masa pendaftaran pasangan calon (Paslon), lanjut Kapolresta Mojokerto, pihaknya menerjunkan 125 personil pengamanan dan 16 personil di ring 1. "Jumlah personil yang kita terjunkan kita bagi dua, 125 personil selama masa pendaftaran dan 12 personil melekat di gedungnya. Jadi totalnya 141 personil. Dan, itu belum termasuk personil kita yang berada di Mapolresta", lanjutnya.

AKBP Puji Hendro Wibowo menegaskan, pihaknya tetap bersiaga meskipun situasi politik tenang. Bahkan untuk menghindari konflik antar pendukung pihaknya akan membagi jam pendaftaran. "Kita bagi jam pendaftaran,  jangan sampai berbarengan yang bisa menyulut konflik antar pendukung", tegas Kapolresta Mojokerto

Ditandaskannya, dalam kondisi apapun, pihaknya selalu bersiaga. Terlebih ketika pendaftaran Paslon diiringi hiburan dan pengerahan massa. "Apalagi ada informasi besok ada (Paslon) yang bawa iring-iringan Reog. Tentu ada pengerahan massa", tandasnya.

Sementara itu,  hingga hari kedua pendaftaran Paslon Bacawali dan Bacawawali Mojokerto yang dibuka KPU belum ada satupun Paslon yang mendaftar. Ketua KPU Saiful Amin Sholihin mengatakan kemungkinan pendaftaran dilakukan serentak pada hari penutupan yang jatuh Rabu (10/01/2018) besok. "Hingga siang hari ini belum ada yang daftar.  Kemungkinan besok semua",  katanya.

Sementara itu pula, berdasar informasi yang dihimpun menyebutkan, keempat Paslon Bacawali - Bacawawali Mojokerto memastikan mendaftar ke KPU setempat di hari ketiga atau hari terakhir masa pendaftaran, Rabu (10/01/2018). *(Yd/DI/Red)*