Kamis, 09 Agustus 2018

Korem 082/CPY Sosialisasi Perlawanan Wilayah, Dukung Pertahanan Semesta

Baca Juga

Kasrem 082/CPYJ, Letkol Inf Moch. Sulistiono saat dalam kegiatan Sosialisasi Penyusunan dan Inventarisasi Dana Perlawanan Wilayah, Kamis 09 Agustus 2018.

Kab. MOJOKERTO - (harianbuana.com).
Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dinilai sangat penting untuk terus di lakukan. Selain bisa mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, kegiatan itu dinilai sangat ampuh dalam menjaga keutuhan NKRI.

Sebagaimana sambutan Danrem 082/XPY yang dibacakan Kepala Staf Korem (Kasrem) 082/CPYJ, Letkol Inf Moch. Sulistiono dalam kegiatan Sosialisasi Penyusunan dan Inventarisasi Dana Perlawanan Wilayah pada Kamis 09 Agustus 2018, bahwa sebelum di gelarnya OMSP tersebut, terdapat beberapa hal yang harus di persiapkan secara matang.

“Dalam pelaksanaannya, dapat diimplementasikan dalam bentuk pembinaan teritorial seperti yang selama ini dilakukan oleh prajurit TNI-AD di masyarakat", terang Kasrem 082/CPYJ, Letkol Inf Moch. Sulistiono, Kamis (09/08/2018).

Lanjut Kasrem 082/CPYJ, Letkol Inf Moch. Sulistiono, "Pembinaan itu, merupakan bentuk dan upaya penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukung secara dini, sesuai sistem pertahanan semesta".

Tak hanya dilakukan oleh pihak TNI-AD saja. Menurut Kasrem, upaya itu, juga perlu di dukung oleh pihak-pihak terkait, tanpa terkecuali Pemda setempat. “Sinergitas itu, nantinya meliputi pembinaan sumber daya nasional, baik berupa pembinaan geografi, demografi dan kondisi sosial di masyarakat", tegasnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, para peserta dapat memiliki kemampuan dalam menghimpun, menyusun hingga menginventarisasi data Wanwil di setiap wilayah tugas masing-masing peserta. “Sehingga, nantinya data-data yang di terima bisa valid, akurat dan upto date serta terlaksana secara optimal", tandas Kasrem 082/CPYJ, Letkol Inf Moch. Sulistiono. *(DI/Red)*