Sabtu, 12 Januari 2019

Gubsu Ajak Pemkab Asahan Serius Kelola Daerahnya

Baca Juga

Salah-satu suasana saat Gubsu Edy Rahmayadi Tatap Muka dengan Bupati, OPD, Camat, Kepala Desa, Lurah dan Kepala Sekolah se Kabupaten Asahan, Jum'at (11/01/2019), di Gedung Serbaguna Pemkab Asahan.

Kab. ASAHAN – (harianbuana.com).
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengajak kepada jajaran Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Asahan untuk bekerja serius dalam mengelola daerahnya demi kesejahteraan masyarakatnya. "Jangan berpura-pura lagi. Kita harus serius melaksanakan tugas kita, kasihan masyarakat kita", ujar Gubsu Edy pada Tatap Muka Gubsu dengan Bupati, OPD, Camat, Kepala Desa, Lurah dan Kepala Sekolah se Kabupaten Asahan, Sabtu (12/01/2019) di gedung Serbaguna Pemkab Asahan.

Edy mengingatkan pada seluruh yang hadir untuk merefleksikan kemerdekaan yang sudah cukup matang yang diraih bangsa dan rakyat Indonesia dengan perkembangan pembangunan yang telah dilaksanakan. "Sudah 73 tahun bangsa kita ini merdeka, saya mengajak kita untuk berpikir dengan perkembangan pembangunan yang sudah kita lakukan khususnya di Kabupaten Asahan", ajak Edy Rahmayadi.

Pada kesempatan ini, Gubsu Edy Rahmayadi juga menyinggung peran Kepala Desa terhadap pembangunan yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Asahan. Edy melihat Kabupaten Asahan dengan Kisaran sebagai kotanya sangat belum terimplemintasikan dengan status Asahan dengan kabupaten/ kota terkaya di Provinsi Sumatera Utara. "Sebelum saya memaparkan ini di sini, di aula ini, saya telah melihat beberapa titik di Kabupaten Asahan ini, khususnya Kisaran sebagai kotanya. Tidak sebanding dengan statusnya kabupaten/ kota terkaya di Sumut dengan pembangunan yang ada", tegas Edy.

Gubsu Edy Rahmayadi menilai, dari itu semua, permasalahanya ada pada Kepala Desa dan Camat di lingkup Pemkab Asahan terkesan tidur dan seolah-olah kurang peduli dengan pembangunan. "Kenapa Presiden memberikan Dana Desa..!? Karena desa merupakan ujung tombak pembangunan. Maka, saya mengharapkan Kepala Desa dapat berperan aktif. Namun saya melihat di provinsi ini, Kepala Desa masih tidur di lihat dari perkembangan pembangunan di daerah", ungkap Edy.

“Saya sudah datang ke provinsi dari Sabang hingga Merauke. Tapi, apa yang saya lihat berbeda dengan saya keluar negeri. Desa yang saya lihat, begitu rapi dan pesat pembangunan. Karena apa...!? Kepala desanya bekerja bergerak dalam pembangunan", tambahnya.

Dalam paparannya dengan menggunakan layar videotron, Gubsu Edy Rahmayadi memberikan contoh kota Surabaya yang di pimpin Walikota Tri Rismaharini. "Dalam tempo 10 tahun ia memimpin, ia dapat menata Kota Surabaya dengan indah dan rapi. Maka dari itu, saya minta pada Kepala Desa di Kisaran untuk dapat meniru bahkan lebih baik lagi dari Kota Surabaya", paparnya.

Dalam paparannya pula, Gubsu Edy Rahmayadi meyakini, bahwa Kabupaten Asahan dari geografisnya juga bisa seperti Kota Surabaya, asalkan pemerintah dan masayarakatnya mau dan tidak main-main. Diperlukan keseriusan yang dimulai dari pemerintah desanya. "Kota tidak-akan bisa tertata jika pembangunan dan penataannya tidak dimulai dari Desa. Oleh karenanya, presiden RI memberikan Dana Desa. Tugas Pemerintah Desa (Pemdes) harus benar-benar serius, aktif dan inovatif sdalam pengelolaannya", tandas Gubsu Edy.

Kepada Bupati dan Wakil Bupati Asahan, Gubsu juga berpesan agar terus mendampingi para Kepala Desa agar dana desa yang diterima bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemajuan masyarakatnya. “Dana desa benar-benar diperuntukan untuk kesejahteraan masyarakat, untuk mewujudkan Sumatera Utara yang bermartabat,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Asahan Surya, BSc. mengatakan, bahwa yang hadir pada kesempatan ini bersal dari seluruh Kepala OPD, Kepala Desa dan Lurah dan para guru SMA/ SMK, SMP dan sebagian para guru SD se-Kabupaten Asahan. Dikatakannya pula, bahwa penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten Asahan hingga saat ini masih berjalan lancar. "Diharapkan dengan kehadiran Bapak Gubsu, dapat membantu dan mendukung pembangunan di Kabupaten Asahan kedepan", ujar Surya.

Turut hadir mendampingi Gubsu pada kunjungan kerja kali ini, diantaranya Kepala Dispendik Pemprov Sumut Arsyad Lubis, Kepala Dinsos Pemprov Sumut Rajali dan Kabiro Humas Pemprov Sumut Ilyas Sitorus serta beberapa pendamping lainnya. *(Riva/Humas Provsu/HB)*