Selasa, 28 Januari 2020

Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Hadiri Peluncuran East Java Calendar of Events 2020

Baca Juga



Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria menghadiri acara peluncuran East Java Calendar of Events 2020 yang diresmikan secara langsung oleh Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Hotel Sangri-La Surabaya, Senin (27/01/2020) malam.

Potensi - potensi kepariwisataan Jawa Timur dari tahun ke tahun, selama ini terus dikembangkan oleh pemerintah daerah yang dikolaborasikan dengan program-program pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.



Melalui East Java Calendar of Events 2020, diharapkan mampu menjadi magnet bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk singgah di kawasan wisata Jawa Timur, sebagai jujukan pertama.

Ada 445 event budaya dan pariwisata yang akan diselenggarakan di 38 kabupaten/kota se - Jawa Timur. Dari jumlah tersebut, 113 event berbentuk festival dan 332 event berbentuk non festival.  Adapun jenis dari event tersebut meliputi 40 sport event, 31 music event, 60 event tradisional / keagamaan, 35 event pameran dan lainnya.



Dari 445 event, 7 di antaranya telah masuk pada 110 National Calendar of Events 2020. Seperti, Banyuwangi Ethno Carnival, Jember Fashion Carnaval, Jazz Gunung Bromo, Malang Flower Carnival, Grand Final Kerapan Sapi, Tour de Banyuwangi Ijen dan Gandrung Sewu.

Selain itu, ada 12 event yang memiliki skala Internasional karena diikuti oleh warga negara asing (WNA). Di antaranya, Majapahit International Travel Fair, Festival Panji International, Jazz Gunung Bromo, Sail to Indonesia in Bawean Island dan masih banyak lainnya.

"Jawa Timur memiliki event pariwisata terbanyak dibandingkan provinsi lain dengan 445 acara", kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Rizki Handayani dalam acara peluncuran East Java Calendar of Events 2020 di Surabaya. *(Hms/HB)*