Kamis, 09 April 2020

Khofifah Terima Bantuan APD Penanganan Covid-19 Dari Swasta

Baca Juga

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menerima sumbangan ratusan APD bagi tenaga medis yang menangani Corona Virus Disease - 2019 (Covid-19) dari Junior JCI, Rabu (08/04/2020) kemarin,  di Gedung Negara Grahadi – Surabaya.


Kota SURABAYA – (harianbuana.com).
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menerima sumbangan ratusan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis yang menangani Corona Virus Disease - 2019 (Covid-19) dari Junior Chamber International (JCI). Bantuan tersebut diterima langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Rabu (08/04/2020) kemarin.

Khofifah menyampaikan, bantuan yang diterima nerupakan salah-satu bentuk kegotong-royongan masyarakat Jatim dan seluruh elemen strategis untuk bisa bersama-sama mengambil peran membantu proses pencegahan penyebaran dan penanganan wabah Covid-19.

"Kebetulan yang ada di sini sebagian besar adalah untuk tenaga kesehatan,;terutama untuk para dokter dan para perawat", terang Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sembari mengenalkan fungsi sanitizer berry, salah-satu hygiene kit bantuan dari JCI.

Lebih lanjut, Khofifah menjelaskan, sanitizer berry dalam tutorial pencegahan Covid-19 berfungsi untuk menyeterilkan barang-barang, seperti meja ataupun yang lainnya.

"Misal saat orang masuk rumah, meja-meja disemprot, kemudian tas atau  barang-barang lain. Saya rasa semua akan berseiring dengan maksimalisasi dari pencegahan kemungkinan kalau ada droplet itu bagaimana bisa dicegah", jelas Khofifah.

Sumbangan APD bagi tenaga medis yang menangani Covid-19 dari JCI) tersebut akan diteruskan kepada tenaga medis hingga sanitarian di ruang isolasi pasien rumah sakit rujukan.

"Kami akan memastikan mereka dalam keadaan baik dan secure, sebab mereka front liner dan temasuk sanitarian yang mengambil sampah dari pasien", tegas Khofifah.

Bantuan face shield dari JCI East Java itu juga dinilai sangat berguna ditengah menipisnya stok APD bagi tenaga medis di Jatim.

Sementara itu, Local President JCI Jhonny Thio Doran mengungkapkan, bahwa bantuan dari organisasi internasional para pebisnis muda tersebut merupakan gerakan bersama lintas sektor.

Mereka membantu tenaga medis dengan berbagai macam keperluan untuk penanganan Covid-19. Mulai face mask, gloves, face shield, APD, vitamin C dan sanitizer berry.

"Tujuan kami adalah kami di sini ingin semua turun tangan membantu Pemprov Jatim. Kami tidak ingin Pemprov Jatim berjuang sendiri. Karena kami sadari bahwa ini adalah pandemi global dan pandemi nasional", ungkap Jhonny.

Jhony menambahkan, kepedulian terhadap sesama tersebut merupakan panggilan hati masing-masing insan pribadi untuk berbuat nyata di tengah ancaman Covid-19. "Kami senatiasa berdoa, masyarakat Jatim bisa melalui pandemi nasional ini dengan cepat", tambahnya. *(DI/HB)*