Jumat, 14 Agustus 2020

Pembangunan Sumut Sport Center Dimulai, Gubernur Edy Tekankan Kemaslahatan Berkepanjangan

Baca Juga

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat menyampaikan sambutan dalam acara peresmian Pembangunan Kawasan Olahraga Terpadu Sumut Sport Center,  Jumat (14/08/2029), di Desa Sena Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang.


Kab. DELI SERDANG – (harianbuana.com).
Pembangunan Kawasan Olahraga Terpadu Sumut Sport Center resmi dimulai. Ditandai dengan atraksi memanah oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Jumat (14/08/2029), di Desa Sena Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang.

Dilanjutkan dengan peletakan batu pertama (Grounbreaking) oleh Gubernur Edy didampingi unsur Forkopimda Sumut, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan dan para tokoh agama. Diawali dengan doa bersama, Gubernur Edy lalu menumpahkan adukan semen ke dalam batu pondasi dan disambut dengan tepuk tangan dari tetamu yang menyaksikan.

Sebelumnya, dalam sambutan pembuka di podium, Gubernur Edy menekankan bahwa pembangunan kawasan akan memiliki kemaslahatan yang berkepanjangan. Bukan semata-mata untuk menyambut PON XXI/2024. Hal ini dibuktikan dengan perencanaan pembangunan infrastruktur dan sarana pendukung lainnya yang sarat dengan aktivitas produktif.

"Salah satunya Green Hospital atau Rumah Sakit bertaraf internasional dengan konsep pembangunan yang mengedepankan lingkungan yang kapasitasnya 5.000 ruangan. Sehingga masyarakat kita yang ingin berobat tak perlu lagi ke luar negeri, dimana per hari ada empat atau lima pesawat diperkirakan menuju Malaysia dan negara tetangga untuk berobat", ungkap Gubernur Edy.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, saat melakukan atraksi memanah sebagai tanda resminya Pembangunan Kawasan Olahraga Terpadu Sumut Sport Center,  Jumat (14/08/2029), di Desa Sena Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang.


Selain itu, kawasan juga akan ditopang dengan pengadaan transportasi canggih MRT yang memudahkan untuk menjangkau lokasi. "Jadi tidak perlu khawatir, kawasan ini akan tetap hidup. Ada pusat perbelanjaan, taman bermain dan lainnya. Hari ini yang perlu kita lakukan adalah berdoa agar pembangunan berjalan lancar", ujar Gubernur Edy..

Berikutnya, Gubernur Edy menyampaikan harapan terbesarnya agar Kawasan Olahraga Terpadu Sumut Sport Center bisa rampung pada tahun 2023. Mampu menjadi salah satu kebanggan Sumut khususnya untuk para generasi mendatang, menjadi fasilitas yang mendukung lahirnya atlet-atlet unggul Sumut dan mendukung kemajuan-kemajuan lainnya di Sumut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumut Baharuddin Siagian menjelaskan bahwa Kawasan Olahraga Terpadu Sumut Sport Center dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 300 hektare yang memiliki lokasi strategis dekat Bandara Internasional Kualanamu, Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi, Jalan Sultan Serdang dan jalur kereta api.

"Kawasan ini mengadopsi bentuk pohon kelapa sawit yang merupakan komoditas unggulan Sumut, serta gambaran identitas keanekaragaman suku dan budaya di Sumut, akan tergambarkan pada lanskap kawasan olahraga terpadu ini", terang Bahar.

Dilanjutkan Bahar, kawasan akan dibagi menjadi tiga zona. Zona olahraga, zona komersial dan zona pendukung lainnya. Selain menjadi sarana dan prasarana olahraga yang representatif berstandar internasional sebagai tempat pelaksanaan PON XXI/2024, kawasan juga diharapkan bisa menjadi tuan rumah SEA GAMES, Asian Games dan Olimpiade 2032.

Salah-satu suasana peletakan batu-pertama dalam acara peresmian Pembangunan Kawasan Olahraga Terpadu Sumut Sport Center,  Jumat (14/08/2029), di Desa Sena Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang.


Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan atas nama pemerintah sekaligus masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa hormat kepada Gubernur Edy Rahmayadi atas kepedulian dan perhatian kepada kemajuan Sumut, khususnya masyarakat Deli Serdang. Pembangunan Kawasan Olahraga Terpadu Sumut Sport Center, menurut Ashari, akan memberikan dampak luar biasa untuk masyarakat setempat dan perekonomian Deli Serdang.

"Hari ini merupakan peristiwa bersejarah. Bapak akan selalu menjadi Gubernur yang kami kenang dan banggakan. Mudah-mudahan melalui pembangunan ini, cita-cita kita untuk menjadikan Sumut Bermartabat terwujud", katanya.

Adapun rangkaian acara Grounbreaking Kawasan Olahraga Terpadu Sport Center dimulai dengan pemberian santunan kepada anak yatim dari Desa Sena, kemudian dilanjutkan atraksi sepak bola dan karate dari atlet-atlet muda Sumut. Kemudian, memasuki acara puncak peresmian pembangunan dan diakhiri dengan foto bersama.

Turut hadir dalam acara Groundbreaking Kawasan Olahraga Terpadu Sumut Sport Center Sekretaris Daerah (Sekda) Sumut R Sabrina, Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi, Kabinda Sumut Brigjen TNI Ruruh Setyawibawa, Pangkosek Hanudnas III Medan Kolonel Pnb Esron SB Sinaga, Danlantamal I Kolonel Marinir I Made Wahyu Santoso, Komandan Lanud Soewondo Kolonel PNB JH Ginting, mewakili DPRD Sumut, mewakili Kajatisu, para bupati/walikota atau yang mewakili se-Sumut, para Direktur BUMD dan BUMN di Sumut, para Kepala OPD Sumut Provinsi Sumut, Ketua KONI Sumut dan tim pemenangan PON XXI serta para atlet.

Hadir juga Sultan Serdang Sultan Achmad Thalaa Shariful Alam Shah, unsur Forkopimda Deli Serdang, para alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh olahraga, mewakili Kantor BPN Deli Serdang, para camat, kepala desa dan masyarakat Deli Serdang. *(Hms/HB)*