Selasa, 27 Oktober 2020

Penghujan Tiba, Ning Ita Pastikan Proses Pembangunan Bantuan Rumah Swadaya Lancar

Baca Juga


Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari dengan didampingi Kepala Dinas PKP Mashudi, Camat Kranggan dan Lurah Kranggan saat meninjau secara langsung proses pembangunan rumah warga penerima BRS di Lingkungan Pekayon gang 5, Kelurahan Kranggan Kecamatan Kranggan, Selasa 27 Oktober 2020.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Memastikan proses pembangunan Bantuan Rumah Swadaya (BRS) yang telah diserahkan secara simbolis pada Rabu (21/10/2020) pekan lalu berjalan lancar, Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari dengan didampingi Kepala Dinas PKP Mashudi, Camat Kranggan dan Lurah Kranggan pada hari ini, Selasa 27 Oktober 2020, meninjau secara langsung proses pembangunan rumah warga penerima BRS di Lingkungan Pekayon gang 5, Kelurahan Kranggan Kecamatan Kranggan.

Ditengah kunjungannya, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang akrab disapa "Ning Ita" ini menyampaikan, bahwa peninjauan ini untuk memantau sejauh mana progres pembangunan telah berlangsung.

“Kami ingin melihat bagaimana progres dari pelaksanaan program BRS ini karena kita ketahui sekarang sudah masuk musim penghujan dimana tentu pekerjaan fisik  pasti akan sedikit terganggu, pasti tidak bisa lancar sedangkan waktu pelaksanaan juga semakin sedikit sekarang sudah dipenghujung Oktober", kata Ning Ita ditengah tinjauannya, Selasa 27 Oktober 2020.

Ning Ita menegaskan, dengan meninjau secara langsung, bisa mengetahui secara pasti bila ada permasalahan yang tengah dihadapi oleh warga sehingga bisa mengupayakan solusinya.

"Efektif sisa waktunya tidak ada 2 bulan. Kami ingin memastikan, apakah 52 bangunan tersebut bisa diselesaikan tepat waktu dan apakah ada kendala di lapangan ataupun keluhan-keluhan yang disampaikan oleh penerima bantuan", tegas Ning Ita.

Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari dengan didampingi Kepala Dinas PKP Mashudi, Camat Kranggan dan Lurah Kranggan saat meninjau secara langsung proses pembangunan rumah warga penerima BRS di Lingkungan Pekayon gang 5, Kelurahan Kranggan Kecamatan Kranggan, Selasa 27 Oktober 2020.


Lebih lanjut, Ning Ita menjelaskan, bahwa dari 100 unit penerima BRS yang paling banyak adalah di Kelurahan Kranggan yaitu 52 unit rumah, 20 unit di Kelurahan Sentanan dan 28 unit di Kelurahan Balongsari.

“Alhamdulillah ssejauh ini semuanya lancar dan sejauh ini progresnya juga sudah sesuai jadwal yang sudah direncanakan", jelas Ning Ita. 

Pada kesempatan ini, Ning Ita meninjau 4 (empat) rumah warga penerima BRS. Yaitu rumah milik Kusnul Amalah, rumah milik Mashudi, rumah milik Olivia dan rumah milik Nur Farida.

Pada kesempatan ini pula, Ning Ita juga menyampaikan, bahwa bantuan yang diberikan adalah bernilai sebesar Rp. 17,5 juta yang langsung masuk ke rekening penerima bantuan. 

Terkait pemanfaatan bantuan yang digelontorkan Pemkot Mojokerto melalui dinas PKP ini, Ning Ita menandaskan, bahwa ada Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) yang akan mengarahkan terkait pengalokasian bantuan dari anggaran tersebut.

“jadi Insyaallah semua bisa dipastikan sesuai dengan juknis karena ada TFL yang memang sudah mendapatkan pelatihan dan pemahaman terkait juknis tersebut", tandas Ning Ita. 

Sementara itu, Nur Farida, salah-seorang penerima BRS berkesempatan menyampaikan terima-kasihnya kepada wali kota perempuan pertama di Kota Mojolerto. “Alhamdulillah, kami tinggal nambah saja untuk merenovasi rumah", ujar Nur Farida. 

Ia juga mengaku proses pengajuan bantuan juga mudah dan selama pembangunan juga mendapat pendampingan yang mengarahkan pemanfaatan dana dan rencana pembangunan rumahnya. *(AI/Hms/HB)*