Selasa, 27 Oktober 2020

Ning Ita Pimpin Gelar Pasukan Pengamanan Libur Panjang Dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama Kapolresta Mojokerto Deddy Supriadi, Komandan Garnisun  Kapten Ahmad Budiarto dalam salah-satu suasana apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan antisipasi libur panjang dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Selasa 27 Oktober 2020, di Alun-alun Kota Mojokerto.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Persiapan libur panjang pada akhir Oktober, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto bersama Polres Kota Mojokerto dan Kodim 0815 siap menggelar pengamanan. Terkait itu, pada Selasa 27 Oktober 2020, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mempimpin apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan antisipasi libur panjang dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Apel gelar pasukan di Alun-alun Kota Mojokerto ini, diikuti oleh anggota TNI–Polri, Satpol PP Kota Mojokerto, petugas dari Dinas Perhubungan Pemkot Mojokerto, petugas tenaga kesehatan dari Dinas kesehatan Pemkot Mojokerto serta para relawan.

Dalam amanatnya, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang akrab disapa "Ning Ita" ini mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, hal ini sebagai bentuk upaya sinergitas dan kegotong-royongan seluruh jajaran Forkopimda dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah Kota Mojokerto, sekaligus mengantisipasi pengamanan terhadap libur panjang dan cuti bersama serta peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2020.

“Mulai hari Rabu sampai dengan Minggu (28 Oktober – 01 November 2020), sebanyak 240 aparat gabungan dari TNI, Polri, Pemerintah Kota Mojokerto yang terdiri dari Dinas Perhubungan, Satpol PP dan unsur tenaga kesehatan serta relawan akan memberikan pengamanan dan pembatasan di 8 (delapan) titik serta bergerak secara dinamis", ujar Ning Ita.

“Sejumlah 5.000 alat rapid test disiapkan oleh petugas yang bergerak secara dinamis di seluruh wilayah Kota Mojokerto bagi seluruh masyarakat yang dijaring secara masif dan bagi warga luar kota yang akan masuk ke wilayah Kota Mojokerto atau menginap", lanjut Ning Ita.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama Kapolresta Mojokerto Deddy Supriadi, Danramil Prajurit Kulon Kapten Budiono mewakili Dandim 0815 Mojokerto, Komandan Garnisun  Kapten Ahmad Budiarto mewakili Dandenpom Mojokerto, Kepala Dinas Perhubungan Pemkot Mojokerto, Kepala Dinkes Pemkot Mojokerto dan Kepala Satpol PP Kota Mojokerto serta beberapa relawan saat berswafoto, usai apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan antisipasi libur panjang dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Selasa 27 Oktober 2020, di Alun-alun Kota Mojokerto.


Ning Ita menambahkan, bahwa Pemkot Mojokerto telah menyiapkan Rusunawa sebagai tempat karantina bagi warga Kota Mojokerto yang terbukti reaktif dari hasil tes rapid ketika operasi berlangsung. Sedangkan bagi warga dari luar Kota Mojokerto akan dikarantina di Balai Diklat sebelum dijemput oleh petugas dari daerah asal masing-masing.  

Libur panjang yang bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini menjadi perhatian khusus Ning Ita yang juga menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Mojokerto.

"Selain 8 titik operasi, tercatat ada 15 titik yang akan melaksanakan kegiatan keagamaan dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Pada kegiatan tersebut telah dilakukan assesment pada seluruh panitia penyelenggara agar melakasanakan protokol secara ketat juga pembatasan terhadap peserta atau jamaah yang akan menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi", jelas Ning Ita.

Wali kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini menambahkan bahwa Pemerintah Kota Mojokerto telah menyiapkan 20 ribu masker yang akan dibagikan kepada jama'ah dan masyarakat yang ada di wilayah Kota Mojokerto.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam rangka antisipasi pengamanan libur panjang dan cuti bersama bisa dilakukan dengan lancar. 

Ning Ita pun berharap, petugas yang tergabung dalam operasi senantiasa diberikan kesehatan karena keberhasilan operasi, salah-satunya terletak pada kesehatan, kemampuan serta kekuatan petugas gabungan guna mengendalikan penyebaran covid-19 di Kota Mojokerto. 

Hadir pada apel ini, Kapolresta Mojokerto Deddy Supriadi, Danramil Prajurit Kulon Kapten Budiono mewakili Dandim 0815 Mojokerto, Komandan Garnisun  Kapten Ahmad Budiarto mewakili Dandenpom Mojokerto, Kepala Dinas Perhubungan Pemkot Mojokerto, Kepala Dinkes Pemkot Mojokerto dan Kepala Satpol PP Kota Mojokerto serta beberapa relawan *(AI/Hms/HB)*