Jumat, 12 Maret 2021

Lantik Pengurus Baznas Kota Mojokerto 2021–2026, Ning Ita Sampaikan 5 Pesan

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria dan Sekdakot Mokokerto Harlistyati saat menyampaikan sambutan dalam acara pelantikan pengurus Baznas Kota Mojokerto masa-kerja 2021–2026, di pendopo Graha Praja Wijaya Pemkot Mojokerto, Jum'at (12/03/2021) siang.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari secara resmi melantik Pengurus Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kota Mojokerto masa-kerja 2021–2026 pada Jum'at (12/03/2021) siang, di pendopo Graha Praja Wijaya Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria, Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto Junaedi Malik, Sekdakot Mojokerto Harlistyati, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Mojokerto terkait, para Camat serta mantan Ketua Baznas Kota Mojokerto KH. Maksum Maulani dan jajaran pengurus lama Baznas Kota Mojokerto.

Wali Kota Mojokerto yang akrab disapa "Ning Ita" ini menuturkan, pihaknya berharap kepada pengurus Baznas Kota Mojokerto masa-bakti 2021–2026 agar lebih mampu melakukan penguatan-penguatan sinergitas dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto juga instansi lainnya serta perusahaan-perusahaan swasta.

“Saya sampaikan ucapan 'Selamat' kepada Ketua Baznas yang baru H. Dwi Hariadi dan jajaran pengurus Baznas periode 2021–2026. Saya berharap agar pengurus yang baru ini dapat lebih melakukan penguatan sinergitas antara Baznas dengan Pemerintah Kota Mojokerto", tutur Ning Ita di pendopo Graha Praja Wijaya Pemkot Mojokerto, Jum'at (12/03/2021) siang.

Ning Ita meminta, prestasi yang sudah dicapai pengurus lama Baznas Kota Mojokerto itu menjadi tantangan bagi jajaran pengurus baru Baznas Kota Mojokerto.

“Semoga prestasi yang sudah diraih pengurus lama Baznas Kota Mojokerto tersebut dapat dipertahankan dan (Red: pengurus baru Baznas Kota Mojokerto) harus berinovasi untuk mencapai prestasi yang lebih baik lagi kedepannya", pinta Ning ita.


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria dan Sekdakot Mokokerto Harlistyati saat berswafoto bersama pengurus lama dan pengurus baru (periode 2021–2026) Baznas Kota Mojokerto di pendopo Graha Praja Wijaya Pemkot Mojokerto, Jum'at (12/03/2021) siang, usai acara pelantikan pengurus Baznas Kota Mojokerto masa-kerja 2021–2026.


Lebih lanjut, Ning Ita menegaskan, agar pengurus baru Baznas Kota Mojokerto segera menyusun program kegiataan dan program pembinaan yang lebih terarah dan terukur serta dapat mempertahankan dan meningkatkan pelayanan lebih baik.

Selain itu, orang nomor satu di jajaran Pemkot Mojokerto ini pun menyampaikan 5 (lima) pesan strategis bagi pengurus Baznas Kota Mojokerto masa-bakti 2021–2026.

Pertama, penguatan sinergitas antara Baznas Kota Mojokerto dengan Pemkot Mojokerto, sangat diperlukan. "Bagaimana meningkatkan pendapatan zakat, infaq dan sadaqoh dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Mojokerto juga BUMN dan BUMD serta perusahaan swasta yang ada di Kota Mojokerto yang jumlahnya sangat luar biasa banyak", pesan Ning Ita.

Ke-dua, bagaimana meningkatkan pengumpulan zakat, infaq serta sadaqoh dari masyarakat, khususnya zakat mal dengan strategi pendekatan tertentu. "Ini potensi yang perlu kita optimalkan pada waktu yang akan datang", pesan Ning Ita pula.

Ke-tiga, terkait pelaksanaan distribusi dan pendaya-gunaan zakat, infaq dan sadaqoh khususnya di instansi terkait. "Yang ke-empat, bagaimana agar kita mampu meningkatkan kepercayaan para muzaki? Dengan melakukan transparansi dan akuntabilitas dalam perolehan zakat, infaq dan sadaqoh yang telah mereka titipkan kepada Baznas Kota Mojokerto", pesan Ning Ita juga.

"Kemudian yang terakhir (Red: ke-lima). Bagaimana kita perlu meningkatkan pendaya-gunaan dana infaq tersebut, khususnya di saat kondisi pandemi ini, untuk memulihkan dan meningkatkan perekonomian. Karena dalam program pemulihan ekonomi diperlukan tidak hanya kekuatan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah saja, tetapi bagaimana dapat bersinergi dengan seluruh stake-holder secara bersama-sama dan tujuan yang sama, agar perekonomian daerah yang menjadi penunjang perekonomian nasional dapat bergerak ke angka positif", tandas Ning Ita.

Pada kesempatan ini, Ning Ita juga menyampaikan ucapan terima-kasih dan apresiasi atas dedikasi, pengabdian dan tanggung-jawab pengurus lama Baznas Kota Mojokerto dalam mengemban amanah selama periode masa kerjanya.

Adapun susunan pengurus Baznas Kota Mojokerto periode 2021–2026 adalah sebagai berikut:
• Ketua                  : H. Dwi Hariadi, SE.
• Wakil Ketua I    : Resowiyono, MT.
• Wakil Ketua II   : Imron Rosyidi.
• Wakil Ketua III  : Drs. Akhnan.
• Wakil Ketua IV  : HM. Qodri, SAg. 
*(DI/HB)*