Rabu, 09 Februari 2022

Ketua KPK Tegaskan, Pers Punya Andil Besar Dalam Pemberantasan Korupsi

Baca Juga


Ketua KPK Firli Bahuri.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dalam sambutannya di Hari Pers Nasional yang jatuh jatuh pada Rabu 09 Februari 2022 mengucapkan selamat untuk segenap wartawan.

Firli menyebut pers nasional memiliki peran nyata dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Firli pun menyebut, pers tak jarang fokus mengangkat isu penanganan korupsi oleh KPK yang dijadikan headline atau top isu.

"Kami di KPK melihat andil dan peran nyata insan pers dari maraknya pemberitaan seputar kasus serta penanganan korupsi yang dilakukan KPK pada media massa Tanah Air. Bahkan, isu korupsi seringkali dijadikan headline atau top isu dalam rating media massa", ujar Firli dalam keterangannya.

Menurut Firli, andil besar para jurnalis dan media di Tanah Air merupakan salah-satu pilar demokrasi di negeri ini yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi hingga menyelesaikan ragam permasalahan bangsa.

"Salah-satunya, perilaku koruptif dan kejahatan korupsi yang telah berurat-akar di NKRI", ujar Firli Bahuri.

Firli menungkapkan, sebagai pimpinan KPK ia melihat para jurnalis yang ditugaskan mengawal pemberitaan KPK kerap menggali lebih dalam kasus korupsi yang tengah ditangani KPK.

Firli mengapresiasi naluri jurnalistik para wartawan yang biasa menggali berita di KPK. Menurut Firli, setiap berita yang diwartakan kepada publik, sarat dengan edukasi pencegahan hingga penindakan korupsi yang tepat, cepat, terukur dan efisien.

"Tidak berlebihan jika kami katakan insan pers memiliki andil teramat penting dalam segenap daya dan upaya KPK bersama segenap elemen negara, untuk membentuk peradaban dan budaya anti-korupsi di Indonesia", ungkap Firli.

Firli menegaskan, KPK memandang insan media layaknya saudara seperjuangan dalam perang melawan korupsi di Indonesia. Ditegaskannya pula, KPK dan insan media bersama-sama menjalankan tugas dan kewajiban yang diberikan bangsa, negara dan rakyat Indonesia dalam menangani kejahatan kemanusiaan meski dalam ruang lingkup berbeda.

"Sama halnya dengan rekan-rekan jurnalis yang terpanggil sebagai pewarta di Tanah Air, profesi sebagai ujung tombak pemberantasan korupsi adalah panggilan hati dan jiwa yang dirasakan oleh segenap insan KPK", tegasnya.

"Selamat memperingati Hari Pers Nasional ke-76, semoga pers Indonesia terus menyajikan berita dan informasi yang terpercaya, mencerdaskan, dan memajukan, serta mempersatukan bangsa kita", tandasnya. *(HB)*