Senin, 28 Februari 2022

Peringati Isra' Mi'raj, Firli Bahuri Sebut KPK Penggerak Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Baca Juga


Ketua KPK Firli Bahuri.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengungkapkan, esensi Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang saat ini tengah diperingati umat Islam, Senin 28 Februari 2022, banyak terdapat nilai-nilai filosofis yang bisa diterapkan untuk mencegah korupsi.

Firli Bahuri berpendapat, Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW bukan hanya sekedar peristiwa yang sarat nilai-nilai ketuhanan, agama, ibadah dan spiritual semata. Namun, juga menyimpan banyak hikmah serta tauladan yang baik sebagai manifestasi kualitas kehidupan umat manusia di dunia.

Menurutnya, jika dipahami dengan baik, Isra' adalah simbol keyakinan seorang hamba terhadap peristiwa spiritual yang menunjukkan bukti-bukti keesaan ALLAH, sementara Mi'raj merupakan pemahaman segala sesuatu yang dilakukan di dunia harus dipertanggung-jawaban di hadapan ALLAH.

"Tidak berlebihan rasanya jika kita menyimpulkan bahwasanya Isra' Mi'raj merupakan infrastruktur sekaligus pondasi utama serta guidance bagi pembentukan akhlak dan kemajuan peradaban umat manusia", kata Ketua KPK Firli Bahuri melalui keterangan tertulis, Senin 28 Februari 2022.

Firli Bahuri menerangkan, esensi lainnya yang dapat digali dari peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW adalah nilai-nilai amar ma'ruf nahi munkar. Artinya, menurut Firli, adalah melakukan sesuatu kebaikan dan mencegah terjadinya kejahatan.

"Biasanya, orang yang menerapkan prinsip amar maruf nahi munkar ini akan melaksanakan rencana-rencana perbaikan moral, etika, dan akhlak, serta mencegah diri dan lingkungan sekitarnya dari kejahatan yang merusak seperti korupsi dan perilaku koruptif", terangnya.

Firli menyampaikan, dalam konteks Isra' Mi'raj, banyak yang mengibaratkan KPK sebagai motor penggerak amar ma'ruf nahi munkar. Sebab, KPK selama ini dipandang telah melakukan tindakan-tindakan pencegahan supaya tidak terjadi korupsi dan kerasnya tindakan KPk saat menjerat koruptor serta mengirimnya ke penjara.

"Pandangan publik ini kami anggap sebagai suplemen khusus penambah energi bagi setiap insan KPK dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai ujung tombak pemberantasan korupsi di Indonesia", ujarnya.

Namun demikian, Firli menegaskan, korupsi merupakan salah-satu kejahatan kemanusiaan luar biasa. Pemberantasan korupsi tidak dapat dilakukan hanya oleh satu lembaga saja, apalagi oleh satu orang. Karenanya, Firli mengingatkan perlunya keterlibatan segenap anak bangsa menciptakan budaya anti-korupsi.

"Semoga esensi dan nilai-nilai Isra' Mi'raj senantiasa memberikan spirit bagi segenap anak bangsa di NKRI dalam menegakkan amar ma'ruf nahi munkar, melawan bahaya laten korupsi serta perilaku koruptif di bumi pertiwi", tandasnya. *(HB)*