Jumat, 08 April 2022

Gubernur Khofifah Bagikan Zakat Produktif Bersama Baznas Dan PERTUNI Jatim

Baca Juga


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Penyaluran Zakat Produktif kepada 125 penyandang disabilitas netra dalam jaringan PERTUNI 
di Kantor Samsat Talangagung Kepanjen Kabupaten Malang, Kamis 07 April 2022.


Kab. MALANG – (harianbuana.com).
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa terus memaksimalkan berbagai aksi berbagi zakat produktif, terlebih di Bulan Ramadhan ini. Seperti yang dilakukan pada Kamis (07/04/2022) ini, Gubernur Khofifah membagikan zakat produktif kepada 125 penyandang disabilitas netra dalam jaringan PERTUNI sebagai pelaku usaha ultra mikro se Malang Raya dengan total nilai Rp. 62,5 juta disertai  dengan pembagian paket Sembako.

Pembagian zakat produktif tersebut dilaksanakan di Kantor Samsat Talangagung Kepanjen Kabupaten Malang. Para penerima bantuan memiliki profesi beragam, mulai dari pedagang kecil hingga pemijat panti pijat tuna netra. Adapun masing-masing penerima bantuan mendapatkan bantuan uang tunai senilai Rp. 500.000,– dan paket Sembako. 

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah menyampaikan, bahwa penyaluran zakat produktif ini dimaksudkan untuk memberi bantalan ekonomi, agar mereka memiliki tambahan modal dalam menjalankan usaha.

"Di setiap kunjungan ke daerah, format penyaluran zakat produktif dan santunan anak yatim piatu merupakan agenda yang sering  dilakukan", ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Beberapa penyandang disabilitas netra penerima zakat produktif dalam jaringan PERTUNI di Kantor Samsat Talangagung Kepanjen Kabupaten Malang, Kamis 07 April 2022.


Gubernur Khofifah pun menyampaikan, bahwa penyaluran zakat produktif ini juga dimaksudkan agar mereka tidak tergoda untuk meminjam modal pada rentenir yang justru merugikan masyarakat kecil. Sejauh ini, penyaluran zakat produktif telah banyak dilakukan Pemprov Jatim bersama Baznas Jatim. Bahkan sudah menjadi format agenda wajib setiap kunjungan ke daerah. 
.
"Semuanya ini dilakukan untuk mengambil keberkahan khususnya di Bulan Suci Ramadhan sehingga memberikan banyak manfaat bagi seluruh masyarakat. Serta, Pemprov Jatim diberikan kemudahan oleh Allah SWT", ungkap Gubernur Khofifah.

Saat menyalurkan bantuan zakat produktif ini, Gubernur Khofifah tak henti memberikan penguatan semangat dan juga doa bagi para penerima. 

"Mudah-mudahan ibadah puasa, sholat, tarawih,  infaq dan shodaqoh kita diterima oleh ALLAH SWT, utamanya di Bulan Suci Ramadhan yang penuh berkah ini", imbuhnya.

Gubernur Khofifah juga mengajak para anggota PERTUNI Jatim melantunkan lagu Nisya Sabyan Ya Maulana. Gubernur Khofifah duet dengan Rizal, salah-satu pengurus PERTUNI Jatim . Sontak, hal tersebut membuat seluruh hadirin hanyut dalam suasana syahdu.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat membagikan zakat produktif dalam kegiatan Penyaluran Zakat Produktif kepada 125 penyandang disabilitas netra dalam jaringan PERTUNI di Kantor Samsat Talangagung Kepanjen Kabupaten Malang, Kamis 07 April 2022.


Sementara itu, Ketua Baznas Jatim Roziqi mengatakan, Baznas Jatim terus berperan dan bergerak memberikan manfaat bagi masyarakat Jatim. Baznas Jatim terus berkomitmen untuk meneruskan kebaikan dan berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan melalui berbagai program untuk membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan. 

"Adanya kegiatan ini, diharapkan akan mendorong pemerintah daerah melalui dukungan dari para  Bupati / Wali Kota  agar bersana- sama mendorong Baznas  melaksanakan kegiatan serupa disini", kata Ketua Baznas Jatim Roziqi.

Sementara itu, Ketua Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Jawa Timur Setiawan Gema Budi menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan tindak-lanjut setelah bertemu dengan Gubernur Khofifah yang menyinkronisasikan program sosial milik Pemprov Jatim bagi Tuna Netra di Jatim. 

"Allhamdulillah..., atas suport dan dukungannya, kami berterima-kasih kepada Ibu Gubernur yang akan bersama kami selama 5 (lima) tahun kedepan. Begitu juga Baznas, dengan harapan seluruh program bisa disinkronkan dan memberikan manfaat lebih banyak bagi masyarakat Jatim melalui penyaluran zakat produktif seperti ini", ujar Ketua Pertuni Jarim Setiawan Gema Budi.

Hadir mendampingi Gubernur Khofifah dalam penyerahan zakat produktif Bupati Malang, Ketua Baznas Jatim, Anggota DPRD Kabupaten Malang, Dandim 0818, Kapolsek Kepanjen serta beberapa Kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim. *(DI/HB)*