Jumat, 10 Juni 2022

Peringati Hari Jadi Kota Mojokerto Ke-104, Pemkot Selenggarakan Lomba MTQ

Baca Juga


Salah-satu suasana pendaftaran peserta MTQ di Kantor Kemenag Kota Mojokerto - (EL).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Memperingati Hari Jadi Kota Mojokerto ke-104 tahun, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdakot) Mojokerto akan menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ).

Beragam cabang perlombaan dalam festival Qur'ani tersebut rencananya akan diselenggarakan secara serentak pada 14 Juni 2022. Adapun para peserta terdiri atas pelajar se Kota Mojokerto mulai tingkat SD/MI hingga SMA/MA ataupun Pondok Pesantren.

Terdapat lima cabang lomba dengan lokasi penyelenggaraan berbeda. Antara lain lomba tilawah anak-anak di Masjid Baitun Nur jalan Benteng Pancasila, lomba tilawah remaja di Masjid Al Ghufron Miji, lomba tartil di kantor Kemenag Kota Mojokerto serta pidato remaja (MSQ) dan MHQ 1 juz tilawah di Kantor Pemkot Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto.

“Kami mengadakan lomba MTQ ini untuk semakin menumbuhkan kecintaan masyarakat Mojokerto kepada Al Qur’an. Dengan bacaan yang indah ini, semoga bisa menarik siapa saja untuk mempelajari Al Qur’an", ujar Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setdakot Mojokerto Iwandoko saat diwawancarai di kantornya, Jum'at (10/06/2022).

Apabila melihat sejarah di zaman Rasulullah Muhammad SAW dulu, membaca Al Qur’an menjadi salah-satu media dakwah sosok Nabi terakhir umat Islam tersebut. Nabi Muhammad SAW menyampaikan kalam Allah dengan begitu indah, sehingga menjadi salah-satu sebab awal para sahabat tertarik dengan Islam.

Selain itu, pelaksanaan MTQ ini juga sebagai ajang untuk mencari bibit unggul Kota Mojokerto. MTQ juga dilombakan pada tingkat provinsi dan nasional. Yang mana, setiap daerah diberikan kesempatan untuk menunjuk putra/putri daerah terbaiknya untuk berkompetisi dalam ajang tersebut.

“Ini juga sebagai salah satu penyaringan awal untuk persiapan MTQ Provinsi yang tahun depan akan digelar di Pasuruan", ungkap Iwandoko.

Dalam penyelenggaraan MTQ kali ini, Bagian Kesra Setdakot Mojokerto bekerja-sama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kementerian Agama Kota Mojokerto.

Hingga Kamis (09/06/2022) kemarin, jumlah peserta yang telah mendaftar ada sebanyak 225 pelajar. Sementara berdasarkan jadwal, batas pendaftaran akan berakhir pada 12 Juni 2022. *(EL/an/HB)*