Kamis, 06 Oktober 2022

Wali Kota Mojokerto Sambut Kirab Pataka Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Ke-77

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto saat memerima Bendera Pataka, halaman Kantor Pemerintah Kota Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto, Rabu (05/10/2022) sore.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menerima secara langsung kedatangan rombongan Kirab Pataka Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-77 di halaman Kantor Pemerintah Kota Mojokerto jalan Gajah Mada No.145 Kota Mojokerto, Rabu (05/10/2022) sore.

Begitu tiba di Kota Mojokerto, rombongan Kirab Pataka atau pembawa panji-panji Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-77 tersebut disambut dengan penampilan tari Sekar Mojo dan Barongsai serta upacara penyambutan.

Dalam upacara penyambutan tersebut, Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan Ning Ita ini membacakan Ripta Prasasti yang berisi amanat dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Dalam amanat tersebut, garis besarnya adalah warga Jawa Timur diharuskan untuk bisa melindungi dan menjaga UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

"Kita berharap agar Jawa Timur bangkit dan maju. Karena kemajuan Jawa Timur merupakan komponen dalam rangka mendukung kemajuan Indonesia", ujar Ning Ita usai memberangkatkan Kirab Pataka menuju kabupaten/ kota selanjutnya.

Sebagai informasi, bendera dan pataka yang dikirab yaitu Bendera Merah Putih, Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Pataka Satuan Polisi Pamong Praja-Praja Wibawa, Pataka Satuan Pelindungan Masyarakat (Linmas), Pataka Satuan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Yudha Brama Jaya) dan Bendera Logo Hari Jadi Ke-77 Provinsi Jawa Timur Tahun 2022.

Kirab Pataka keliling 38 kabupaten/ kota se Jawa Timur ini dimaksudkan untuk mengikat antara satu kabupaten/ kota dengan yang lainnya, sehingga terjalin sinergi dan kolaborasi untuk menjadikan Jawa timur jauh lebih kuat.

Bendera Pataka dikirab sejak 16 September hingga 11 Oktober mendatang dan berakhir di Surabaya sekaligus akan digelar upacara peringatan HUT Provinsi Jawa Timur pada 12 Oktober 2022. *(Dit/an/HB)*