Rabu, 08 Februari 2023

Komitmen Satu Data Indonesia, Pemkot Mojokerto Rakor Statistik Sektoral Dan Romantik Online

Baca Juga


Salah-satu suasana Rakor Statistik Sektoral dan Romantik Online yang digelar Diskominfo Pemkot Mojokerto di Sabha Mandala Madya Kantor Pemkot Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto, Rabu (08/02/2023).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Statistik Sektoral dan Rekomendasi Kegiatan Statistik (Romantik) Online Kota Mojokerto Tahun 2023, di Sabha Mandala Madya Kantor Pemkot Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto, Rabu 08 Februari 2023.

Dalam sambutan sekaligus arahannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo yang hadir sekaligus sebagai narasumber dalam forum tersebut menekankan tentang pentingnya data bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Mojokerto dalam melaksanan tugas dalam membangun Kota Mojokerto.

"Dalam melaksanakan tugas, utamanya dalam kegiatan pembangunan, ada sebuah proses yang harus kita lalui, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga pada proses evaluasi dan pelaporan. Semua proses ini, tentu saja tidak bisa kita lakukan tanpa adanya data", ujar Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, Rabu (08/02/2022), di lokasi.

Meski demikian, Gaguk menegaskan, bahwa data yang digunakan juga tidak sekadar data. Mengingat, data yang sebelumnya itu ada dimana-mana, namun saat dibutuhkan data itu tidak ada. Ataupun jika sudah ada, tantangan selanjutnya adalah terkait kualitas data.

“Di dalam menyukseskan pembangunan, penting sekali bagi kita untuk menyajikan data yang akurat, ter-update, terintegrasi dan dapat dipertanggung-jawabkan. Oleh karena itu, pemerintah membuat suatu kebijakan, yaitu Satu Data Indonesia", terang Gaguk

Terkait itu, sebagai salah-satu bentuk menjalankan amanat kebijakan nasional tersebut, Pemkot Mojokerto membentuk Forum Satu Data Kota Mojokerto. Yang man, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Mojokerto sebagai Pembina Data, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Mojokerto sebagai Koordinator Data.

Berikutnya, Diskominfo Pemkot Mojokerto sebagai Wali Data. Adapun seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto sebagai Wali Data Pendukung sekaligus Produsen Data.

Dengan demikan, peran seluruh OPD di lingkungan Pemkot Mojokerto sangat penting. Yakni, sebagai penyedia data untuk portal Satu Data Informasi Kota Mojokerto (Satikomo). Yang mana, portal tersebut berfungsi sebagai bank data Kota Mojokerto yang dapat diakses secara luas oleh publik.

Adapun tujuan dari dibuatnya Satikomo sebagai pengelolaan data statistik sektoral adalah untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, berkualitas dan dapat dipertanggung-jawabkan serta dapat diakses dan juga dapat terhubung.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias menandaskan, bahwa hingga saat ini, tata kelola data di dalam website Satikomo, yaitu satikomo.mojokertokota.go.id, telah terkumpul 48 aset yang terdiri atas 1.134 data terpublis dan 114 data sekta. Capaian tersebut, merupakan salah-satu prestasi bagi Kota Mojokerto.

“Alhamdulillah pada tahun 2022, Kota Mojokerto mendapatkan beberapa penghargaan. Jadi, Satikomo masuk 3 (tiga) besar nasional dan mendapatkan ranking pertama", tandas Kepala Diskominfo Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias 

Sebagai informasi, dalam Rakor kali ini, juga turut hadir Kepala BPS Kota Mojokerto Mimik Nurdjanti sebagai narasumber. Adapun peserta Rakor merupakan para operator Satu Data Kota Mojokerto setiap OPD di lingkungan Pemkot Mojokerto. *(EL/Feb/an/HB)*