Selasa, 11 April 2023

Munas SPRI 2023 Hantar Hence Mandagi Menjadi Ketua Umum SPRI 2023 - 2028

Baca Juga


Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno, SH., mantan Menko Polhukam RI didampingi Ketua Umum SPRI Hence Mandagi dan Sugiharto Santoso menyampaikan sambutan pembukaan Munas SPRI 2023 di Gedung PIDI 4.0 Kota Administrasi Jakarta Barat, Selasa 11 April 2023.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Musyawarah Nasional (Munas) IV SPRI (Serikat Pers Republik Indonesia) 2023 digelar hari ini, Selasa 11 April 2023, di Gedung PIDI 4.0, Kota Administrasi Jakarta Barat, dihadiri langsung oleh Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno, SH., mantan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Menko Polhukam RI).

Dalam sambutannya, Hence Mandagie selaku Ketua Umum DPP (Dewan Pimpinan Pusat) SPRI di antaranya mengatakan, bahwa perhatian Tedjo Edhy Purdijatno terhadap dunia jurnalistik sangat tinggi. Hal itu dirasakan secara langsung oleh Hence saat persiapan pendirian LSP PERS (Lembaga Sertifikasi Profesi PERS), dirinya selalu berkonsultasi dan mendapat dukungan penuh dari Tedjo.

“Pak Tedjo itu walaupun saat menjabat Menkopolhukam RI pernah bergesekan dengan Pers, tetapi saat ini malah ia sangat mendukung perkembangan dunia Pers di Indonesia. Dukungan itu saya rasakan langsung dan saya saban hari datang ke rumah beliau, ketika mendirikan LSP Pers kemarin", ujar Hence Mandagie, dalam sambutannya jelang Munas IV SPRI.

Disusul kemudian, sekitar Pukul 13.30 WIB, Tedjo Edhy Purdijatno yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina LSP Pers membuka secara resmi Munas IV SPRI 2023 yang dihadiri lebih kurang 15 DPD (Dewan Pimpinan Daerah) SPRI dari 18 DPD yang aktif dan dari 23 DPD yang di SK-kan/ mendapat Surat Keputusan (SK) dari DPP SPRI.elain DPD, juga dihadiri beberapa DPC (Dewan Pimpinan Cabang) SPRI di Indonesia.


Ketua Umum SPRI Hence Mandagi bersama beberapa peserta Munas SPRI 2023  di Gedung PIDI 4.0 Kota Administrasi Jakarta Barat, Selasa 11 April 2023.


Musyawarah Nasional IV SPRI 2023  akhirnya terlaksana sukses dengan kembali menghantarkan Hence Mandagie sebagai Ketua Umum DPP SPRI periode 2023–2028. Hence dinyatakan demisioner oleh Pimpinan Sidang Munas IV SPRI 2023, ditandai telah diterimanya oleh 15 DPD (Dewan Pimpinan Daerah) dari 18 DPD SPRI yang aktif se Indonesia serta ditambah beberapa DPC (Dewan Pimpinan Cabang) yang hadir.

“Ada 23 DPD yang di SK-kan oleh DPP (Dewan Pimpinan Pusat) SPRI, tetapi ada 18 DPD yang aktif. Sekarang 15 DPD yang hadir langsung di Munas IV dan beberapa lagi DPD hadir secara daring. Jadi, Munas IV SPRI ini quorum", tegas HM Asnadi CA, Ketua DPD SPRI Sumsel, salah-satu Pimpinan Sidang Defenitif Munas IV SPRI 2023, saat memimpin jalannya sidang.

Tahapan sidang kemudian dilanjutkan dengan 2 (dua) sesi pleno. Yang mana, hingga pada pleno II Munas tersebut, dilakukan kembali pemilihan Ketua Umum DPP SPRI Periode 2023 – 2028 dan akhirnya Hence Mandagie terpilih kembali secara aklamasi.

Hence Mandagi kemudian menyampaikan program-programnya untuk periode 5 tahun mendatang. Di antara program unggulan Hence di DPP SPRI adalah kerja-sama antara SPRI dan APTIKNAS.

Kerja-sama tersebut akan melibatkan banyak wartawan TV senior yang sudah direkrut oleh Hence beberapa waktu belakangan ini. Hence Mandagi juga meyakinkan DPD dan DPC SPRI yang hadir, akan berdirinya televisi berbasis digital yang sesuai dengan ekspetasi dan laju pertumbuhan industri media kedepannya.

Persentase Hence pun disambut setuju peserta Munas. Dan, Hence berharap kepengurusan DPP SPRI kali ini, dapat bahu-membahu membesarkan SPRI dan menjadikan program-program SPRI berdaya-guna serta bermanfaat untuk seluruh Anggota SPRI. *(HB)*