Senin, 27 Maret 2023

Setelah Kantor Ditjen Minerba ESDM, KPK Lanjut Geledah Kantor Kementerian ESDM

Baca Juga


Kepala Bagian Pemberiraan KPK Ali Fikri.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Setelah sejak Senin (27/03/2023) pagi menggeledah Kantor Direktorat Jenderal (Ditjen) Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM di kawasan Tebet Jakarta Selatan, Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melanjutkan penggeledahan ke Kantor Kementerian ESDM di jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

"Tadi kan di Ditjen Minerba ESDM. Sekarang, informasi terakhir ke kantor ESDM-nya di jalan Merdeka", terang Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri selaku Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK di Gedung Merah Putih KPK jalan Kuningan Persada Kavling 5 Setiabudi Jakarta Selatan, Senin (27/03/2023).

Ali Fikri sebelumnya menandaskan, Tim Penyidik KPK melakukan penggeledahan di Kantor Ditjen Minerba Kementerian ESDM tersebut sebagai rangkaian proses penyidikan baru perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi di Kementerian ESDM.

"Saat ini, (penggeledahan) masih berlangsung.Terkait kegiatan penyidikan baru oleh KPK atas dugaan korupsi di Kementerian ESDM", tandas Ali Fikri.

Dengan status hukum perkara tersebut sudah di tahap penyidikan, berarti sudah ada Tersangka yang ditetapkan oleh Tim Penyidik KPK. Hanya saja, Ali belum menginformasikan identitas Tersangka, pasal yang disangkakan hingga kontruksi perkaranya.

Baik identitas Tersangka, pasal yang disangkakan hingga konstruksi perkara penyidikan baru tersebut akan diumumkan KPK seiring dengan dilakukannya penangkapan dan penahanan Tersangka.

Sementara informasi yang beredar menyebutkan, dugaan korupsi itu terkait Tukin (tunjangan kinerja) ASN (aparatur sipil negara). Kerugian negara yang ditimbulkan dalam perkara ini disebut mencapai miliaran rupiah. *(HB)*


BERITA TERKAIT: