Sabtu, 15 April 2023

KPK Tangkap 9 Orang Termasuk Wali Kota Dalan Tangkap Tangan Di Kota Bandung

Baca Juga


Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Tim Satuan Tugas (Satgas) Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan serangkaian kegiatan Tangkap Tangan. Kali ini, Jum'at 14 April 2023, Tim Satgas Penindakan KPK berhasil mengamankan Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Selain Wali Kota Bandung Yana Mulyana, dalam serangkaian kegiatan super senyap Tangkap Tangan tersebut, Tim Satgas Penindakan KPK juga menangkap sejumlah pejabat di Dinas Perhubungan Bandung Pemerintah Kota Bandung (Pemkot) dan pihak swasta.

"Ada beberapa pejabat di Dinas Perhubungan Pemkot Bandung dan pihak swasta ditangkap", terang Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri selaku Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK  dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/04/2023) pagi.

Dijelaskan Ali Fikri, seluruh pihak yang ditangkap dalam dalam serangkaian kegiatan Tangkap Tangan tersebut saat ini sudah berada di Gedung Merah Putih KPK jalan Kuningan Persada Kavling 4 Setiabudi Jakarta Selatan.Total, lanjut dia, ada 9 orang yang berada di Gedung Merah Putih KPK pada pagi ini.

"Ada 9 orang yang telah berada di Gedung Merah Putih KPK. Tentu nanti kami akan update kembali perkembangannya", jelas Ali Fikri.

Sebelumnya diberitakan, Tim Satgas Penindakan KPK kembali melakukan serangkaian kegiatan Tangkap Tangan. Kali ini, Jum'at 14 April 2023, Tim Satgas Penindakan berhasil mengamankan Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan beberapa pihak lainnya serta barang bukti diduga terkait perkara dalam serangkaian kegiatan super senyap tersebut.

"Betul. Hari Jum'at (14/4/2023), Tim KPK telah melakukan kegiatan Tangkap Tangan terhadap beberapa orang yang sedang melakukan tindak pidana korupsi", terang Kepala Bagian Pemberitaan KPK selaku Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK saat dikonfirmasi wartawan dalan keterangan tertulisnya, Sabtu (15/04/2023) dini-hari.

Dijelaskan Ali Fikri, serangkaian kegiatan Tangkap Tangan tersebut dilakukan atas terjadinya dugaan Tindak Pidana Korupsi (TPK) suap pengadaan barang dan Jasa di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Beberapa pihak telah diamankan dalam Tangkap Tangan tersebut, salah-satunya Wali Kota Bandung.

"Tangkap Tangan diduga terkait suap menyuap pengadaan barang dan jasa di wilayah Kota Bandung. Beberapa orang telah ditangkap Tim KPK. Di antaranya, benar Wali Kota Bandung," jelas Ali Fikri.

Ali belum mengonfirmasi identitas pihak-pihak lain maupun barang bukti diduga terkait perkara yang turut diamankan dalam serangkaian kegiatan Tangkap Tangan tersebut. Ditegaskannya, Tim KPK akan lebih dulu mengambil keterangan para pihak.

"Kami segera lakukan permintaan keterangan lebih dahulu kepada para pihak yang ditangkap. Berikutnya, KPK segera menentukan sikap 1 x 24 jam setelah penangkapan tersebut. Perkembangan segera kami informasikan", tergasnya. *(HB)*


BERITA TERKAIT: