Minggu, 31 Desember 2023

Cuaca Cerah, Malam Tahun Baru Wisata Pacet Mojokerto Padat Pengunjung

Baca Juga


Salah-satu suasana di Bunderan Pacet dan sekitarnya sekitar pukul 20.00 WIB mulai dipadati pengunjung wisata dan tampak terus berdatangan diperkirakan hingga esok pagi, Minggu (31/12/2023) malam.


Kab. MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Hingga belum terlalu larut malam, kawasan wisata puncak di Pacet dan Trawas Kabupaten Mojokerto terus dipadati pengunjung. Seperti tahun-tahun sebelumnya, para pengunjung menunggu waktu pergantian tahun pukul 24.00 WIB dan bersama-sama akan menyalakan kembang api disertai bunyi terompet dan clakson motor yang sudah disiapkan secara tersembunyi.

Pantauan di lokasi, laju kendaraan baik roda 4 maupun roda 2 menuju wisata puncak Pacet dan Trawas Kabupaten Mojokerto tiada henti tiap menitnya. Mereka sebagian besar dari arah utara baik dari Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Gresik, Lamongan dan Kota Mojokerto menuju wisata puncak di Pacet dan Trawas.

“Kami rombongan 6 motor matik berboncengan jumlahnya 12 orang, berangkat dari kampung Panjangjiwo Surabaya mulai pukul 16.30 WIB dan tiba di Pacet sekitar pukul 19.00 WIB karena berjalan santai. Kami tidak harus masuk ke lokasi wisata di Air Panas, tapi cukup duduk lesehan di sekitar Bunderan Pacet sambil makan cilok",  Tommy, warga Nginden, yang sudah mendapatkan tempat duduk lesehan disekitar bunderan Pacet, Minggu (31/12/2023) malam.

Hal senada juga disampaikan Bambang, warga Driyorejo Kabupaten Gresik. Bambang menyampaikan, ia berangkat dari kampungnya bersama 9 temannya. Saat ini, Bambang dan teman-temannya sudah bisa menikmati kopi di warung Mbah Man, depan pintu masuk Wisata Air Panas Padusan Pacet.

“Kami ber sepuluh orang, melakukan aktivitas nongkrong saja wisata Air Panas Padusan Pacet. Kalau pengunjungnya nggak padat, kemungkinan kami nanti beli tiket dan masuk ke lokasi wisata. Tetapi jika didalam padat pengunjung ya lebih baik nongkrong di warung lesehan Mbah. Man saja, udah cuku. Dan pukul 01.00 rencananya balik namun kelililing dulu menuju wisata di Trawas", aku Bambang yang juga diiyakan, Fitri teman boncengannya.

Sementara itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati pada Minggu (31/12/2023) pagi bersama rombongan turun ke lokasi jalur wisata di kawasan puncak Kecamatan Pacet dan Trawas. Selain memastikan kondisi jalan aman, juga memastikan kesiapan jajaran anggota gabungan yang siaga mengamankan situasi libusan tmalam tahun baru.

“Wisata alam Air Panas Padusan Pacet ini memang tidak asing bagi pengunjung wisata di Jawa Timur. Pada malam tahun baru pasti padat pengunjug bahkan sampai padi liburan Tahun baru 2024 besoknya", kata Bupati Ikfina.

Kapolres Mojokerto AKBP Wahyudi didampingi Kapolsek Pacet, Agus  Setiawan yang membuka Posko di Bunderan Pacet menjelaskan, bahwa mulai pukul 19.00 WIB tadi, jalanan di jalur wisata menuju Pacet dan Trawas sudah mulai padat dan makin malam semakin banyak pengunjung wisata dari berbagai daerah di Jatim yang naik ke Pacet.

Menurut Agus, anggota gabungan yang terdiri dari jajaran polisi, TNI, Satpol PP, BPBD dan Dishub Pemerintah Kabupaten Mojokerto selain ngepam di Posko Bunderan Pacet juga ada yang menyebar di Posko pintu masuk sejumlah wisata di Pacet.

"Ada pula anggota lantas yang keliling di sepanjang jalur memantu kondisi kepadatan kendaraan. Jika sudah terlalu padat dan rawan pengalihan jalur dan penutupan jalan menuju salah satu wisata  yang sudah padat pengunjungnya perlu dilakukan", jelas Agus.

Masih kata Agus, saat ini volume kendaraan terus berdatangan dan tidak ada hentinya sampi Tahun baru 2024 besok. Kemungkinan macet memang tidak bisa dihindarkan, terutama untuk liburan tahun baru besok.

“Kami sudah antisipasi dengan membuka jalur masuk dan jalur keluar bagi pengunjung. Untuk wilayah Pacet jalur masuk lewat Pandan. Sedangkan jalur keluar dari Pacet, mulai dipertigaan Juranggongso (selatan Kantor Polres) dialihkan ke arah kiri dan tembus ke Gondang", tandas Agus. *(get/DI/HB)*