Sabtu, 15 Juni 2024

Kirab Mojobangkit, Lestarikan Sejarah Dan Budaya Mojopahit Di Kota Mojokerto

Baca Juga


Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro saat membacakan 'Sumpah Kebangkitan' dalam rangkaian acara Kirab Mojokerto sebagai rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Kota Mojokerto ke-106, di Alun-alun Wiraraja Kota Mojokerto, Sabtu (15/06/2024).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Sebagai rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Kota Mojokerto ke-106, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto hari ini, Sabtu 15 Juni 2024, kembali merayakannya dengan menyelenggarakan kegiatan Kirab Mojobangkit yang pemberangkatannya di Alun-alun Wiraraja Kota Mojokerto sisi Selatan.

Acara Kirab Mojobangkit kali ini diawali dengan Pembacaan 'Sumpah Kebangkitan' yang dipimpin oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro. Menyusul kemudian, penampilan marching band Taruna Brawijaya dan berlanjut dengan penampilan barongsai Young Lion. 

Kirab Mojobangkit menampilkan tiga era yang ada di Kota Mojokerto, yakni era Kerajaan Mojopahit, era Kadipaten Japan serta era Perjuangan dan Kemerdekaan.

Hadir sekaligus memimpin berlangsungnya Kirab Mojobangkit 2024 ini Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro bersama sang istri. Hadir pula dalam acara ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo bersama sang istri.

Kirab Mojobangkit kali ini, juga dihadiri Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto, jajaran pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Mojokerto, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Mojokerto, para camat dan lurah se Kota Mojokerto, para tokoh agama dan para tokoh masyarakat Kota Mojokerto.

Di antara sambutannya, Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro mengatakan, Kirab Mojobangkit sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kota Mojokerto menjadi salah-satu upaya Pemkot Mojokerto untuk melestarikan sekaligus mengembangkan wisata dan nilai-nilai tradisi luhur yang pernah ada di Bumi Mojopahit. 

"Ini akan menjadi kalender event tahunan dan saya harapkan penyelenggaraanya dari tahun ke tahun bisa dilaksanakan semakin bagus lagi, semakin meriah lagi", kata  Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro, Sabtu (15/06/2024, di lokasi.

Pj. Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan "Mas Pj" ini menegaskan, melalui kegiatan Kirab Mojobangkit ini pihaknya berharap dapat meningkatkan pendapatan warga, khususnya para pelaku UMKM Kota Mojokerto.

"Saya harapkan penyelenggaraanya dari tahun ke tahun bisa dilaksanakan semakin bagus lagi, semakin meriah lagi dan kesuksesannya tidak saja pada acaranya tapi juga pada perekonomiannya", tegas Mas Pj, penuh harap.

Pada kesempatan ini, Mas Pj juga berkesempatan menyampaikan pesan agar seluruh warga Kota Mojokerto tetap menjaga persatuan dan kesatuan, khususnya saat pemilihan kepala daerah mendatang. 

"Mari kita sambut Pilkada nanti dengan sukacita, jaga selalu kebersamaan, guyub rukun. Kalau pun ada perbedaan, kalau pun ada perselisihan, tapi semua masih dalam bingkai kebhinekaan atau perbedaan itu dimaknai menjadi sebuah rahmatan lilalamin", pesan Mas Pj. *(SRT/Kadiskominfo/HB)*