Senin, 08 Juli 2024

Pemkot Mojokerto Kembali Beri Bea Siswa Kuliah Gratis, Pendaftaran Dimulai 15 Juli

Baca Juga


Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melalui Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Pemkot Mojokerto, kembali membuka pendaftaran calon penerima bea siswa bagi mahasiswa berprestasi tahun 2024. 

Tahap pendaftaran akan dilaksanakan mulai 15 Juli sampai dengan 26 Juli 2024 untuk dilakukan seleksi. Adapun pengumuman calon penerima bea siswa akan dilaksanakan pada Bulan Agustus 2024.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro menerangkan, Pemkot Mojokerto berkomitmen untuk terus meningkatkan SDM Kota Mojokerto. Di antaranya, melalui pemberian bea siswa bagi mahasiswa berprestasi Kota Mojokerto.

"Untuk pendidikan yang menjadi tanggung-jawab pemerintah kota sudah kita intervensi dengan pemberian seragam sekolah gratis, sepatu gratis. Dan, untuk pendidikan tinggi, kita intervensi dengan pemberian bea siswa bagi mahasiswa yang berprestasi", terang Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro, Selasa (08/07/2024).

Pj. Wali Kota Mojokerto yang akrab disapa "Mas Pj" ini menjelaskan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Mojokerto sudah masuk kategori tinggi, yakni berada di angka 80,07 % (persen). Yang mana, salah-satu komponen IPM adalah bidang pendidikan yang dihitung berdasar Rata-rata Lama Sekolah (RLS) dan Harapan Lama Sekolah (HLS) yang juga terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Semoga dengan adanya berbagai intervensi dari pemerintah, dapat membentuk SDM Kota Mojokerto yang lebih berkualitas dan memberikan sumbangsih untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045", jelas Mas Pj, penuh harap.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Disporapar) Pemkot Mojokerto Rachmi Widjajati selaku penyelenggara menerangkan, bea siswa ini diperuntukkan bagi warga Kota Mojokerto yang tengah menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri Non Kedinasan jenjang Diploma III (D III), Diploma IV (D IV) dan Strata 1 (S1).

"Tahun ini kita hanya membuka melalui jalur indeks prestasi. Jadi, bagi seluruh warga Kota Mojokerto yang saat ini sedang kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Non Kedinasan dengan IPK paling rendah 3,00 dapat mengajukan permohonan bea siswa", terang Kepala Disporapar Pemkot Mojokerto Rachmi Widjajati.

Tentang teknis pendaftaran, dijelaskan Rachmi, bahwa semua berkas persyaratan mulai dari surat permohonan beasiswa, KTP, KK, Kartu Hasil Studi (KHS), Surat Keterangan Sebagai Mahasiswa Aktif maupun Surat Keterangan Tidak Sedang Mendapatkan Sanksi Akademik dan Makalah Inovasi dapat langsung dikirimkan melalui tautan https://beasiswa-disporapar.mojokertokota.go.id.

Rachmi pun mempersilahkan para mahasiswa berprestasi yang tertarik untuk mengikuti seleksi bea siswa tersebut bisa mengikuti sosialisasi yang akan diselenggarakan pada Sabtu 13 Juli 2024. "Silahkan mendaftar dan datang ke aula Kelurahan Jagalan untuk mengikuti sosialisasi lebih lanjut terkait pelaksanaan seleksi bea-siswa", ajak Kepala Disporapar Pemkot Mojokerto Rachmi Widjajati. *(SRT/Kom/HB)*