Minggu, 28 Mei 2017

Wali Kota Mojokerto Pastikan, Pembangunan Rusunawa Bakal Dapat Suntikan Dana Rp. 1 M Dari Pemkot

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto, Drs. H. Mas'ud Yunus

Kota MOJOKERTO — (harianbuana.com).
Pembangunan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) tahap pertama di Kecamatan Prajurit Kulon tahun ini dipastikan mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 1 miliar dari Pemkot Mojokerto. Kepastian adanya suplai dana untuk porsi urugan ini disampaikan Walikota Masud Yunus. "Kita siapkan Rp.1 miliar untuk dana tambahan urugan dalam PAK (Perubahan Anggaran Keuangan) APBD nanti. Alokasi Rp. 1 miliar yang ada sekarang tidak akan cukup untuk keseluruhan", papar Walikota, Minggu (28/05/2017).

Menurut Walikota, usai menuntaskan tahap awal ini, pihaknya akan mulai menyentuh proyek fisik tahun depan. "Tahun depan kita mulai proyek fisiknya", cetusnya.

Kata ia, rusunawa ini diprioritaskan untuk warga berdampak proyek jalan lingkar barat (jalinbar). "Kita prioritaskan untuk warga yang terkena pembangunan jalinbar selain warga miskin (Gakin) di Kota  Mojokerto tentunya", katanya.

Tahun ini pemkot bakal membangun Rusunawa untuk 100 Kepala Keluarga (KK).Pembangunan Rusunawa ini dilatarbelakangi kondisinya masih banyaknya Gakin yang menghuni rumah tak layak. Sasaran warga yang akan menempati. Diantaranya mereka yang menempati lokasi tak lazim seperti pinggir rel kereta api, tanah kas Negara hingga, pinggiran sungai. Keberadaan pemukiman itu cenderung illegal dan kumuh.

Rinciannya, pembangunan Rusunawa bakal menyasar para warga berpenghasilan rendah yang masih banyak menghuni tempat tinggal tak layak. *(Yd)*