Senin, 19 Februari 2018

Pemkot Mojokerto Bakal Resmikan Relokasi Pasar Benpas Akhir Pebruari

Baca Juga

Kondisi stand PKL Alun-alun di lahan relokasi yang ada dikawasan jalan Benpas Kota Mojokerto yang masih dibenahi sendiri oleh para pedagang, Senin 19 Februai 2018.

Kota MOJOKERTO - (harianbuana.com).
Pemkot Mojokerto segera meresmikan pengoperasionalan pasar Benteng Pancasila (Benpas) di lahan relokasi, akhir Pebruari ini.  Pasar yang menampung 210 pedagang pakaian, souvenir dan penganan pindahan dari Alun-alun ini merupakan bantuan pemerintah setempat. Yang mana, terbakar akhir tahun 2017 kemarin, Pemkot Mojokerto 'mengepruk'  pundi-pundi anggaran darurat sebesar Rp 500 juta untuk menyiapkan pengurukan dan area sementara.

Lokasi relokasi ini, berada dikawasan kelas I atau tepat berada tepat didepan pasar yang terbakar tahun kemarin itu. Hal tersebut diharapkan tidak mengubah atau mengurangi skema pendapatan pedagang secara signifikan. "Akhir bulan ini akan kita resmikan. Semuanya kita persiapkan", terang Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag)  Pemkot Mojokerto,  Ruby Hartoyo saat dikonfirmasi, Senim (19/02/2018).

Kepala Disperindag Pemkot Mojokerto ini menjelskan, para pedagang kini masih tengah membenahi los yang dipergunakam untuk aktivitasnya. "Pekerjaan penyiapan los dari kami sudah. Mereka kan masih harus membenahi losnya masing-masing sebelum bisa ditempati", jelasnya.

Dipaparkannya, bahwa pihaknya menyiapkan 210 lapak dilahan relokasi.  Lapak ini dipergunakan untuk menampung sekitar 195-an pedagang eks Alun-alun. Selebihnya, digunakan sebagai lahan bagi PKL asli dilahan relokasi. "Sisa  1 (satu) lapak disiapkan sebagai ruang bersama paguyupan pedagang", paparnya.

Sedianya, tahun 2018 ini Pemkot Mojokerto berencana membangun area relokasi pasar Benpas yang terbakar tahun kemarin itu. Hanya saja, Kepala Diaperindag Pemkot Mojokerto tak membeberkan seperti apa dan berapa besaran anggaran yang harus dipersiapkan Pemkot Mojokerto untuk itu.

Meski demikian, pihaknya berharap program pembangunan pasar Benpas yang terbakar tahun kemarin itu bisa dilaksanakan awal tahun depan. Untuk itu, tahapan perencanaan pembangunan dilakukan di akhir tahun ini. ’’Perencanaannya dilakukan akhir tahun ini agar tahun depan sudah bisa dibangun", pungkasnyai. *(Yd/DI/Red)*