Senin, 16 Juli 2018

KPK Geledah Kantor Pusat PT. PLN

Baca Juga

Tim KPK saat menggeledah salah-satu ruang dalam kantor pusat PT. PLN (Persero), Senin (16/07/2018) malam.

Kota JAKARTA - (harianbuana.com).
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah sejumlah titik ruang kantor pusat PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Jakarta, Senin (16/07/2018). Diduga, penggeledahan yang dilakukan Tim Penyidik KPK tersebut terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi 'suap' proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-1, yang sementara ini masih menjerat Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI Eni Maulani Saragih (EMS) dan Bos PT. Blackgold Natural Recourses Limited, Johanes Budisutrisno Kotjo (JBK).

Direktur Utama (Dirut) PT. PLN (Persero), Sofyan Basir mengungkapkan, bahwa Tim Penyidik KPK menggeledah sejumlah ruang dalam kantor pusat PT. PLN (Perero), Jakarta. Diduga, untuk mencari bukti-bukti terkait kesepakatan kontrak kerja-sama proyek pembangunan PLTU Riau-1 di Provinsi Riau.

"Iya ada kegiatan KPK, sesuai dengan tugas, KPK pasti melakukan penggeledahan. Ya ini yang dilakukan. (Penyidik) ada di direktorat, di divisinya, di semua tempat yang ada kaitannya dengan proyek itu", ungkap Sofyan Basir diarea kantor pusat PT. PLN (Persero) Jakarta, Senin (16/07/2018) malam.

Menurut Sofyan, hampir semua ruang dalam kantor pusat PT. PLN (Persero) menjadi sasaran penggeledahan Tim Penyidik KPK. Termasuk ruang kerja sejumlah pimpinan dan ruang kerja Sofyan sendiri.

"(Red: ruang kerja) Saya sudah. Ada ruang kepala divisi, ruang direktur. Baru periksa tadi. Baru kasih tahu. Saya jemput (Red: sambut) mereka dan saya persilakan, saya antar. Mereka meminta tinggalkan, saya tinggalkan. Nanti sejam, dua jam, tiga jam baru dilakukan penyitaan", pungkasnya.

Seperti diketahui, Tim Penyidik KPK tiba di kantor pusat PT. PLN (Persero) sejak sekitar pukul 18.38 WIB dengan dikawal pihak Kepolisian. Begitu tiba dilokasi, mereka langsung bergerak menuju ruang-ruang sasaran penggelesahan.

Tak sepatah katapun yang berikan terkait kegiatan penggeledahan ini. Hingga detik diunggahnya informasi ini, penggeledahan di kantor pusat PT. PLN (Persero) masih berlangsung. *(Ys/DI/Red)*

BERITA TERKAIT :
*KPK Sita CCTV Rumah Dirut PLN