Senin, 16 Januari 2023

KPK Sita Mobil Mewah Milik Gubernur Papua Lukas Enembe Pemberian Pihak Swasta

Baca Juga


Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri.


Kota JAKARTA – (harianbuna.com).
Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menyita aset milik Lukas Enembe selaku Gubernur Papua. Kali ini, Tim Penyidik KPK menyita mobil mewah pemberian pihak swasta kepada Lukas Enembe selaku Gubernur Papua.

Tim Penyidik KPK melakukan penyitaan, mobil mewah pemberian pihak swasta itu diduga merupakan barang bukti perkara dugaan suap dan gratifikasi yang tengah menjerat Lukas Enembe selaku Gubernur Papua.

"Sejauh ini, kami sudah sita mobil mewah dari beberapa pihak terkait perkara tersangka Lukas Enembe", terang Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK jalan Kuningan Persada Kavling Jakarta Selatan, Senin (16/01/2023).

Dijelaskan Ali Fikri, temuan Tim Penyidik KPK yang kemudian dianalisa dan dilakukan penyitaan itu selanjutnya akan dikonfirmasi dengan melakukan pemeriksaan terhadap Saksi terkait dan Tersangka.

"Ini yang kemudian kami akan konfirmasi terkait aset-aset tersangka LE (Lukas Enembe), di antaranya mobil mewah yang kami dalami terhadap yang bersangkutan", jelas Ali Fikri.

Ali belum merinci jumlah unit mobil mewah hingga merek dan jenis kendaraan tersebut yang disita KPK. Namun, Ali memastikan KPK akan menginformasikan temuan-temuan KPK terkait perkara yang menjerat Lukas Enembe selaku Gubernur Papua.

Ditegaskannya, bahwa pada rentan pekan ini, Tim Penyidik KPK akan memeriksa Gubernur Papua non-aktif Lukas Enembe baik sebagai Saksi maupun Tersangka perkara dugaan TPK suap dan gratifikasi proyek-proyek infrastruktur yang sumber dananya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua.

"Tentu, nanti Tim Penyidik juga akan mengagendakan pemeriksaan terhadap tersangka LE ini, di minggu ini, baik itu sebagai Saksi untuk tersangka Rijatono Lakka, maupun Tersangka. Nanti untuk hari dan tanggalnya, pasti kami akan informasikan", tegas Ali Fikri.

Ali menandaskan, pihaknya juga akan memastikan kondisi kesehatan Lukas Enembe melalui Tim Dokter KPK. Ditandaskannya pula, bahwa kondisi kesehatan Lukas Enembe dipantau secara berkala oleh Tim Dokter KPK.

"Bukan berarti kami memberikan kekhususan, tetapi memang pada tahanan-tahanan KPK yang kemudian dalam kondisi tertentu seperti sakit dan lain-lain pasti kemudian kami perhatikan kesehatannya", tandas Ali Fikri. *(HB)*


BERITA TERKAIT: