Jumat, 13 Juli 2018

Kelurahan Kedundung Wakili Kota Mojokerto Dalam Lomba Desa Dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur

Baca Juga

Plt. Sekdakot Mojokerto Gentur Prihantono Sandjojo Putro bersama jajaran Forkopimda Kota Mojokerto dan Kepala OPD Kota Mojokerto terkait saat mendampingi Tim Penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur ke lokasi.

Kota MOJOKERTO - (harianbuana.com).
Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari mewakili Kota Mojokerto dalam Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur. Kedatangan tim penilai lapangan Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur pada Jum’at 13 Juli 2018 pagi, disambut langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Mojokerto Gentur Prihantono Sandjojo Putro beserta sejumlah pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto terkait, di pendopo Graha Praja Wijaya Pemkot Mojokerto.

Dalam sambutannya, Plt. Sekdakot Mojokerto Gentur Prihantono Sandjojo Putro menuturkan, bahwa lomba desa dan kelurahan pada hakekatnya adalah sebagai salah-satu upaya untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, meningkatkan kapasitas masyarakat, partisipasi masyarakat, penanggulangan kemiskinan dan mendorong swadaya gotong-royong masyarakat di desa dan kelurahan.

“Selain itu, dengan lomba ini sekaligus untuk mengevaluasi keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan dengan melihat kebijakan perkembangan pembangunan desa dan kelurahan selama dua tahun terakhir”, tutur Plt. Sekdakot Mojokerto Gentur Prihantono Sandjojo Putro, Jum'at (13/07/2018) pagi


Tim Penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur saat memastikan apa yang sudah dipaparkan oleh Kelurahan Kedundung sebelumnya.

Lebih jauh, Plt. Sekdakot Mojokerto Gentur Prihantono Sandjojo Putro memaparkan, bahwa pemilihan Kelurahan Kedundung untuk mewakili Kota Mojokerto telah melalui serangkaian penilaian secara berjenjang, sesuai dengan amanat yang termaktub dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 81 Tahun 2016 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Dalam kesempatan ini, Plt. Sekdakot Mojokerto Gentur Prihantono Sandjojo Putro berharap, kelurahan yang dipercaya Pemkot Mojokerto untuk mewakili 18 kelurahan yang ada di Kota Mojokerto, bisa menorehkan prestasinya dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2018 ini. “Semoga Kelurahan Kedundung bisa menjadi juara 1”, cetus Gentur Prihantono, penuh harap.

Sementara itu, Kabid Bina Pemerintahan Desa sekaligus mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jawa Timur Heru Suseno yang dalam hal ini selaku Ketua Tim Penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur mengungkapkan, bahwa Kelurahan Kedundung merupakan kelurahan ketiga yang dikunjungi setelah Kelurahan Margorejo - Kota Surabaya dan Kelurahan Blimbing - Kota Malang.

“Sepintas Kelurahan Kedundung mirip dengan Kelurahan Blimbing di Kota Malang. Terpilihnya Kelurahan Kedundung mewakili Kota Mojokerto, sudah sesuai dengan peraturan, yaitu melalui proses penilaian dan evaluasi dari kelurahan hingga tingkat Kota", ungkap Heru Suseno selaku Ketua Tim Penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur.

Heru Suseno menegaskan, bahwa terpilihnya Kelurahan Kedundung mewakili 18 kelurahan yang ada di Kota Mojokerto dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2018 ini sudah melewati proses administrasi dan pemaparan. "Selain itu, Kelurahan Kedundung sudah terpilih untuk menjadi calon juara. Kunjungan ini, adalah untuk membuktikan apa yang sudah dipaparkan sebelumnya. Kita lihat nanti posisinya juara 1, 2, 3 atau juara harapan", tegasnya.

Seperti diketahui, Kelurahan Kedundung dinyatakan lolos dalam penilaian paparan, dan mendapatkan peringkat 4 dengan total nilai 383,473. Anggota tim penilai tingkat provinsi Jawa Timur yang terdiri dari 13 penilai itu telah melakukan penilaian lapangan meliputi validasi data dan kunjungan lapangan ke UPK Sempulur, Posyandu Malabar, TBM Kampoeng Dieng, KIM Gayatri dan Bank Sampah Putri Ayu. *(DI/Red)*