Minggu, 09 September 2018

Dukung Ketersediaan Komoditas Pangan, Koramil 0815/04 Puri Kodim 0815 Tugasi Babinsa Dampingi Petani

Baca Juga

Salah-satu Babinsa Koramil 0815/04 Puri Kodim 0815 Mojokerto saat melakukan tugas pendapingan dalam rangka mendukung ketersedian komoditas pangan strategis, 

Kab. MOJOKERTO - (harianbuama.com).
Mendukung ketersediaan komoditas pangan strategis, Koramil 0815/04 Puri Kodim 0815 Mojokerto menugasi Babinsa Mlaten, Serka Muhammad Ma’ruf melakukan pendampingan kepada para petani Dusun Mlaten Desa Mlaten Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto dalam kegiatan penyemprotan gulma (penyiangan) pada tanaman jagung, Minggu (09/09/2018) .

Meski pelaksanaannya dilakukan di hari libur, Muhammad Ma’ruf tetap bersemangat dalam melaksanakan tugas pendampingan perawatan tanaman jagung di lahan seluas 0,74 hektar milik Sapudi, Poktan Sido Makmur – I Dusun/Desa Mlaten, yang ditanami jenis jagung Hibrida DK 959 yang berumur 24 hari.

Menurut Ma’ruf, jenis gulma yang ada di lahan jagung tersebut berupa rumput bebek (suket tuton), rumput gelang (suket krokot) dan jenis rumput liar lainnya. “Penyemprotan gulma menggunakan herbisida Kaya Bas 555 SC dan Surfaktan", jelasnya saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, sehari sebelumnya, Sabtu (08/09/2018) pemupukan tanaman jagung tahap II juga berlangsung di lahan milik Mulyono, Poktan Rukun Utomo–I, Dusun Kali Putih Desa Kebon Agung Kecamatan Puri.

Pemupukan dengan menggunakan pupuk urea berlangsung di lahan seluas 2 hektar terhadap tanaman jagung jenis Pioneer P-36, kisaran berumur 25 hari, mendapat pendampingan Babinsa setempat, Serka Rizal Bastian.

Sedangkan pada Jum’at 07 September 2018, Babinsa Tangunan Sertu Suwandi melakukan pendampingan pemupukan tanaman jagung dan pembersihan gulma (penyiangan) di lahan milik Karyoto, Poktan Tani Makmur-1, di Dusun Tangunan Desa Tangunan.

Di lahan seluas 1 (satu) hektar yang ditanami jenis jagung Super Hibrida BISI-18 berumur 25 hari itu, pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk urea yang dilanjutkan dengan penyemprotan gulma.

“Pendampingan terhadap petani yang dilakukan Babinsa merupakan upaya untuk mengawal ketahanan pangan guna ketersediaan komoditas pangan strategis nasional. Diantaranya padi (beras), jagung dan kedelai. Para petani di wilayah Koramil Puri tidak hanya menanam padi di lahannya saat musim tanam, namun adapula yang menanam jagung, kedelai dan komoditas pangan lainnya", ungkap Danramil 0815/04 Puri Kapten Arh Aris Tiyono pada kesempatan berbeda. *(DI/Red)*