Sabtu, 23 Februari 2019

Wakil Wali Kota Mojokerto Buka Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Kwarda Jatim Zona 2 Tahun 2019

Baca Juga

Cak Rizal: "Remaja adalah Barisan Terdepan untuk Memajukan Bangsa"



Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pramuka Kwartir Cabang Kota Mojokerto menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Wirakarya Kampung Kelir  Pramuka (FWKKP) Kwartir Daerah Jawa Timur Zona 2 tahun 2019. Event tahunan pramuka ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Mojokerto, Achmad Rizal Zakaria mewakili Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari pada Sabtu (23/02/2019), di halaman kantor Dinas Perhubungan Kota Mojokerto.

Dalam laporannya, Ketua Kwarcab Kota Mojokerto Subambihanto menyampaikan, bahwa FWKKP 2019 merupakan implementasi pendidikan karakter, disiplin, berwawasan kebangsaan dan ketrampilan. Melalui peserta didik Pramuka Penegak yang berpangkalan di SMA, SMK, MA secara menyeluruh penuh kreativitas dalam situasi yang menyenangkan.

Kegiatan ini juga untuk mengembangkan potensi masyarakat agar bisa peduli lingkungan serta menanamkan jiwa gotong royong pada Pramuka Penegak. “Tujuan penyelenggaraan FWKKP 2019 adalah untuk terciptanya lingkungan masyarakat yang bersih dan sehat, meningkatkan potensi wilayah yang dijadikan tempat kegiatan serta Pramuka penegak yang mampu menjadi patriot lingkungan didaerahnya masing- masing,” tuturnya.


Lebih lanjut Bambi menjelaskan tentang rangkaian kegiatan FWKKP 2019 adalah bentuk bakti masyarakat Pramuka Penegak yang bersifat kreatif. “Festival terdiri dari cerdas cermat kepramukaan dan pentas seni budaya daerah dan bentuk wirakarya yang akan dilakukan antara lain pengecatan atap dan dinding tampak luar rumah warga sejumlah 100 unit, mural tematik, pemugaran 2 unit rumah, sosialisasi  PHBS, sosialisasiBPOM  dan bahaya narkoba,” lanjut Bambi.

Mengawali membacakan sambutan Wali Kota Mojokerto, Cak Rizal sapaan Wawali Kota Mojokerto menyampaikan menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan FWKKP 2019 di Kota Mojokerto. “Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,  serta mewujudkan sinergitas masyarakat dengan Pramuka, yang diwujudkan dalam karya bakti secara gotong royong.” kata Cak Rizal.

Kegiatan ini sebagai wahana yang tepat bagi pembinaan generasi muda secara dini dalam menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan. Dengan berbagai kegiatan yang dikemas dalam suasana yang menyenangkan dan akan menemui berbagai pengalaman dan tantangan baru. “Yang terpenting adik-adik harus tetap semangat dan optimis. Tunjukkan bahwa kegiatan Pramuka ini memang luar biasa mengasyikkan dan bermanfaat untuk seluruh masyarakat,” tuturnya.


Masih membacakan sambutan dari Ning Ita, Cak Rizal menyampaikan bahwa remaja merupakan calon tokoh pembaharu harus senantiasa di barisan terdepan bersama dengan seluruh komponen bangsa. Bahu-membahu dalam mempelopori upaya terhadap hal-hal yang akan memajukan bangsa.

“Remaja harus bisa mengarahkan kegiatan-kegiatannya kepada hal-hal yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas, seperti pada kegiatan ini. Oleh karena itu mari bersama-sama mengenyahkan pengaruh-pengaruh buruk.Seperti narkoba, minuman keras dan pergaulan bebas yang dapat meredupkan kreatifitas dan masa depan generasi muda. Jadilah generasi yang tangguh, berkarakter dan berakhlak mulia,” seru Cak Rizal mambacakan sambutan Ning Ita.

FWKKP 2019 akan diselenggarkan selama 4 hari. Mulai hari Sabtu 23 Februari hingga Selasa 26 Februari 2019 dan diikuti oleh 1000 Pramuka Penegak, 10 Pembina Pendamping dan 10 Pinkoncab dari Kwartir Cabang Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo. Seluruh kegiatan dipusatkan di Lingkungan Gunung Gedangan, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. *(Na/Kha/Humas/HB)*