Selasa, 14 April 2020

Brigjen Karyoto Resmi Menjabat Deputi Penindakan KPK

Baca Juga



Logo di gedung KPK


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Brigadir Jenderal (Brigjen) Karyoto telah resmi menjabat sebagai Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pelantikan digelar di auditorium Gedung Penunjang Merah Putih KPK –Jakarta Selatan pada Selasa (14/04/2020) pagi sekitar pukul 09.35 WIB.

Dalam pelantikan, tampak seluruh peserta menggunakan masker dan sarung tangan. Mereka juga menerapkan 'physical distancing' atau "jaga jarak aman' antar satu sama lain. Ini di lakukan, mengingat pelantikan dilakukan di tengah pandemi wabah virus corona atau corona virus disease - 2019 (Covid-19).


"Saudara sebelum diambil sumpah, saya bertanya apakah bersedia mengucapkan sumpah dan ikuti kata-kata saya", kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam prosesi pelantikan pengambilan sumpah jabatan tersebut, Selasa (14/04/2020) pagi, di auditorium Gedung Penunjang Merah Putih KPK –Jakarta Selatan.

Filri Bahuri yang bertindak sebagai inspektur upacara, selanjutnya membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti oleh Karyato dan tiga pejabat baru lainnya.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat kepada UUD 1945 dan juga NKRI serta akan menjadikan segala peraturan perundangan-undangan dengan selurus-lurusnya demi tanda bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya, tidak akan menerima hadiah atau pemberian berupa apa saja dari siapa saja yang saya atau patut dapat mengira dia mempunyai hal yang bersangkutan dengan jabatan saya", ucap Firli yang diikuti oleh empat pejabat KPK yang dilantik.

Selanjutnya, ke-empat pejabat KPK itu membacakan pakta integritas dan menanda-tangani Berita Acara Pelantikan dan Sumpah Jabatan. Penanda-tanganan, dilakukukan dihadapan Ketua KPK Firli Bahuri.

"Bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja dan dari siapapun juga, yang saya tahu atau patut dapat mengira, bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya," ujar Karyato dan tiga pejabat lainnya.

Usai prosesi pengambilan Sumpah Jabatan yang dipimpin Ketua KPK Firli Bahuri, ke-empat pejabat KPK itu kemudian membacakan Pakta Integritas dan menandatangi SK jabatan.

Selain Karyoto, KPK juga melantik tiga pejabat struktural baru lainnya. Di antaranya Deputi Informasi dan Data Mochamad Hadiyana; Direktur Penyelidikan Komisaris Besar Endar Priantoro dan Kepala Biro Hukum Ahmad Burhanudin.

"Kepada para pejabat yang baru saja dilantik, kami berharap memberikan ide dan invoasi dalam pemberantasan korupsi," kata Firli dalam amanatnya.
Firli pun berharap para pejabat yang baru dilantik itu bisa langsung beradaptasi dengan kerja KPK. Sehingga bisa langsung bekerja dengan efektif.

"Silakan berkiprah memberikan andil dalam pemberantasan korupsi tapi perlu diingat penegakan hukum harus timbulkan rasa keadilan dan memberikan manfaat," kata Firli.

Kelima Pimpinan KPK serta semua orang yang hadir terlihat memakai masker dan menjaga jarak. Pelantikan ini pun disiarkan secara daring di media sosial KPK.

Sebelumnya, keempat pejabat itu telah menjalani rangkaian seleksi administrasi dan tes potensi serta penilaian pada rentang tanggal 05 sampai 17 Maret 2020. Tes wawancara dan kesehatan pun telah dilakukan pada 02 sampai 07 April 2020. *(Ys/HB)*