Selasa, 06 Oktober 2020

Provinsi Jatim Diumumkan Terbebas Dari Zona Merah Covid-19

Baca Juga



Kota SURABAYA – (harianbuana.com).
Kabar gembira diterima oleh Masyarakat  Jawa Timur (Jatim). Per hari Selasa (06/10/2020), Provinsi di ujung Timur Pulau Jawa ini diumumkan terbebas dari zona merah Covid-19 oleh Satuan Gugus Tugas Covid-19 Nasional. 

Dari 38 kab/kota seluruh Jatim, 28 wilayah dinyatakan berkategori orange atau resiko sedang. Sedangkan 10 sisanya terkategori zona kuning atau resiko rendah.


Dengan munculnya hasil baik ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak, yang  telah bekerja keras bahu membahu mengendalikan  penyebaran virus Corona atau Covid-19 dengan hasil yang cukup menggembirakan.

"Terima kasih kerja keras semua pihak baik dari Pemerintah Kabupaten/ Kota,  TNI, POLRI, Kejaksaan, Pengadilan, Kampus, Media, Tenaga Kesehatan, Tokoh Agama, Relawan,  terkhusus bagi masyarakat Jawa Timur yang saat ini menjadi garda terdepan dalam pemakaian masker. Merekalah yang menjadi faktor utama yang berkontribusi pada kesuksesan Jawa Timur kali ini", ungkap Khofifah.


Percepatan 3T yang lebih masif juga sebagai kunci utama guna mengendalikan laju penyebaran Covid-19. Secara kumulatif, testing di Jawa Timur per 6 Oktober 2020 telah dilakukan kepada 1,346,878 orang, dengan rincian rapid test sebanyak 976.711 test dan PCR sebanyak 370.107 test. 

"Saat ini, positivity rate Jatim  telah turun dari 31% ( tiga puluh satu persen) di Bulan Juli menjadi 10% (sepuluh persen) per-minggu ini, yang artinya testing terus konsisten meningkat sementara semakin sedikit kasus positif COVID-19 yang ditemukan di masyarakat. Ini merupakan pertanda bahwa intervensi kita on the right track", ujarnya. *(Hms/HB)*