Kamis, 07 April 2022

Safari Ramadhan, Cara Ning Ita Pastikan Warga Lancar Jalani Ramadhan

Baca Juga


Safari Ramadhan 1443 Hijjriyah Sholat Subuh Berjama'ah di mushola Al-Hikmah bersama Wali Kota Mojokerto, Kamis (07/04/2022) pagi - (zan).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Ramadhan identik sebagai bulan bagi umat muslim memiliki intensitas beribadah yang lebih tinggi dibanding bulan-bulan lainnya. Yang mana, masjid ataupun mushola menjadi lebih ramai dengan berbagai kegiatan peribadatan. Seperti sholat tarawih, kajian atau mengaji maupun tadarus Al-Qur'an.

Memastikan warga muslim Kota Mojokerto dalam menjalani berbagai kegiatan ibadah kegamaan pada Ramadhan 1443 Hijjriyah / 2022 Masehi tersebut berjalan lancar dan aman, salah-satu strategi Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari ialah dengan menggelar Safari Ramadhan Sholat Subuh dan Sholat Ashar Berjama'ah.

“Selain ingin bisa silaturrahmi dengan panjenengan semua, saya ingin melihat langsung pelaksanaan kegiatan ibadah masyarakat. Untuk memastikan kegiatan ibadah di mushola/ masjid memang lancar", ungkap nomor nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto ini saat Safari Ramadhan Sholat Shubuh di Musala Al-Hikmah, Kamis (07/04/2022) pagi.

Salah-satu upaya yang dilakukan oleh Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan "Ning Ita" ini tentu juga menjadi salah-satu bukti bahwa “Harmony Award” yang diberikan Kementerian Agama RI kepada Kota Mojokerto sejak awal tahun lalu bukan tanpa alasan. Artinya, Pemkot Mojokerto terus berkomitmen untuk menjaga kerukunan antar umat dan menjamin keleluasaan serta menampilkan peribadatan masing-masing umat.


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menyerahkan bingkisan Hari Raya kepada jama'ah sholat subuh mushola Al-Hikmah -(zan).


Pada kegiatan Safari Ramadhan 1443 Hijjriyah Sholat Ashar dan Subuh Bersama di mushola Al-Hikmahdi di Lingkungan Kuwung RT 01 RW 03 Kelurahan Meri Kecamatan Kranggan itu, Ning Ita juga menyerahkan bantuan dana hibah untuk mushola Al-Hikmah sebesar 20 juta rupiah..

"Selain aman dan lancar, saya juga ingin panjenengan bisa beribadah dengan nyaman. Jadi, dana yang diterima ini mohon untuk dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendukung kenyamanan saat beribadah", tutur Ning Ita.

Di penghujung acara, Ning Ita berpesan kepada warga sekitar agar dapat memakmurkan mushola dengan beragam kegiatan keagamaan. Tidak hannya yang bersifat peribadatan wajib, melainkan juga sunnah ataupun kegiatan pendidikan kegamaan seperti TPQ dan pengajian.

"Karena tempat ibadah juga memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk individu yang berkualitas, baik intelektual dan spiritual", pesan Ning Ita.

Perlu diketahui, tidak hanya di waktu sholat shubuh, Wali Kota Perempuan Pertama di Kota Mojokerto ini melaksanakan kunjungannya musala/ masjid di berbagai sudut Kota Mojokerto itu juga di waktu sholat ashar yang dikemas dalam program kegiatan Safari Ramadhan 1443 Sholat Subuh dan Sholat Ashar Berjama'ah.

Dalam menjalankan agenda kegiatan yang rencananya digelar setiap hari selama Ramadhan 1443 Hijjeiyah kecuali di 10 hari terakhir tersebut, Ning Ita juga melibatkan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau Kepala Dinas di lingkungan Pemerintah Kota Mokolerto dan jajaran Forkopimda Kota Mojokerto. *(EL/an/HB)*