Sabtu, 16 April 2022

Safari Ramadhan Di Mushola Darun Najah, Warga Antusias Sholat Subuh Berjama'ah Bareng Ning Ita

Baca Juga


Ning Ita didampingi para Assisten Sekdakot Mojokerto, Kadis Kominfo Pemkot Mojokerto Santi bersama jajaran Forkopimda Kota Mojokerto saat foto bersama takmir Mushola Darun Najah di Mushola Darun Najah, dalam agenda kegiatan Safari Ramadhan Sholat Shubuh Berjama'ah, Sabtu (16/04/2022) pagi - (Jen).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari kembali melaksanakan agenda rutin Safari Ramadhan 1443 Hijjriyah. Kali ini, Sabtu 16 April 2022, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi para Assisten Sekdakot Mojokerto dan Kepala Dinas Kominfo Pemkot Mojokerto Santi bersama jajarsn Forkopimda Kota Mojokerto melaksnakan Safari Ramadhan Sholat Shubuh Berjama'ah di Mushola Darun Najah.

Diketahui, selama bulan Ramadhan 1443 Hijjriyah atau 2022 Masehi ini, Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan "Ning Ita" ini mempunyai agenda kegiatan rutin mengunjungi berbagai masjid, mushola atau langgar di Kota Mojokerto yang dikemas dengan tema Safari Ramadhan 1443 Hijjriyah.

Adapun Mushola Darun Najah ini sendiri merupakan salah-satu dari 79 masjid, mushola, TPQ atau tempat ibadah lain penerima bantuan dana hibah tahun anggaran 2022 dari Pemerintah Kota Mojokerto

Tampaknya, agenda kegiatan rutin bertajuk Safari Ramadhan 1443 Hijjriyah tersebut menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat Kota Mojokerto sekitar tempat ibadah. Tidak terkecuali, masyarakat sekitar Mushola Darun Najah di Lingkungan Trenggilis Kelurahan Blooto Kecamatan Prajurit Kulon ini.

"Ini sejarah Bu Wali. Jama'ah Sholat Shubuh kali ini terbanyak", ujar Nurul Huda, Ta'mir Mushola Darun Najah  Lingkungan Trenggilis Kelurahan Blooto Kecamatan Prajurit Kulon, Sabtu (16/04/2022) pagi.

Faktanya, ruangan utama mushola penuh sesak. Teras dan pelataran depan mushola pun demikian. Bahkan, teras dan halaman rumah warga di seberang kanan mushola juga dijadikan lokasi sholat shubuh bagi warga yang tidak kebagian tempat di tiga tempat tersebut.


Salah-satu suasana Safari Ramadan Sholat Shubuh Berjama'ah di Mushola Darun Najah di Lingkungan Trenggilis Kelurahan Blooto Kecamatan Prajurit Kulon, Sabtu (16/04/2022) pagi, warga tampak sangat antusias menyambut kehadiran Ning Ita - (Jen).


Pemandangan serupa juga kerap dijumpai dalam giat Safari Ramadhan Shol├Ąt Shubuh maupun Sholat Ashar pada kesempatan-kesempatan sebelumnya. Antusiasme warga untuk berjumpa langsung dengan sosok yang akrab disapa Ning Ita tersebut datang dari berbagai kalangan jama'ah, terutama ibu-ibu dan anak-anak.

"Ini memang jadi ajang silaturrahmi kami dari jajaran Pemkot dan perwakilan Forkopimda, untuk menyapa langsung dan mengetahui bagaimana kondisi lingkungan panjenengan semua", ujar Ning Ita, selepas sholat subuh berjama'ah di mushola waqaf tersebut.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto ini pun tampak senang melihat animo masyarakat yang sedemikian besar ini.

Wali Kota Perempuan Pertama di Kota Mojokerto ini berharap, semangat memakmurkan tempat ibadah tidak hanya pada momen tertentu seperti saat ini saja. Melainkan, setiap saat.

"Mugi (Red: semoga) musholanya bisa lebih diramaikan nggih Pak, Bu. Apalagi ini setelah dapat dana hibah, Insya ALLAH bisa dimanfaatkan untuk perbaikan dan meningkatkan kenyamanan mushola", tutur Ning Ita, di hadapan para jama'ah.

Tidak bisa dipungkiri, kualitas SDM masyarakat akan sangat dipengaruhi termasuk dari segi spiritual. Dimana peran masjid/ mushola menjadi vital dalam upaya peningkatan faktor tersebut.

Mengingat fungsi masjid/ mushola memang tidak sekadar tempat pelaksanaan sholat wajib saja, melainkan seharusnya juga sebagai sarana penyebarluasan ilmu dan beragam kegiatan interaksi sosial masyarakat.

Dalam gelaran Safari Ramadhan, selain bantuan dana hibah untuk masjid/ mushola, Ning Ita juga membagikan santunan bagi janda Lansia serta bingkisan lebaran. *(EL/an/HB)*