Rabu, 18 Mei 2022

Camat Magersari Launching Usaha Cuci Motor Posyandu Lentera Jiwa Balongsari

Baca Juga


Camat Magersari melakukan pengguntingan pita sebagai tanda resminya usaha cuci motor Posyandu Lentera Jiwa, Rabu (18/05/2022) - (an).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Ini adalah suatu kegiatan yang sangat luar biasa, karena dilakukan tidak sepeti biasanya. Usaha cuci motor ada dimana-mana, namun usaha cuci motor yang satu ini sangat berbeda, karena pelaksananya adalah mereka warga binaan Posyandu Lentera Jiwa Kelurahan Balongsari Kecamatan Magersari Kota Mojokerto.

Hari ini, Rabu 18 Mei 2022, dicatat sebagai tonggak sejarah perjalanan Posyandu jiwa Balongsari yang telah mengawal mereka yang disebut sebagai Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), namun berangsur-angsur sembuh.  Untuk menjaga kesehatan jiwa mereka tentu diperlukan suatu kesibukan agar tetap stabil dan tidak gampang kambuh lagi .

Seperti yang disampaikan oleh Siswoyo koordinator program kesehatan jiwa Puskesmas Gedongan. Saat wawanacara dengannya, ia menyampaikan bahwa, kegiatan usaha cuci motor Mandiri Jaya ini dengan tujuan agar mereka lebih produktif, dengan produktivitas yang stabil diharapkan mereka bisa berangsur-angsur sembuh.

“Dengan sibuk ODGJ gak sempat melamun memikirkan hal-hal yang negative", terang Siswoyo yang setiap bulan hadir dalam pelayanan posyandu jiwa Kelurahan Balongsari.

Dari hasil terapi dan pelatihan oleh tenaga ahli, ada 8 orang yang dinyatakan stabil dan kooperatif serta bisa berkomunikasi dengan baik dan dinilai siap dalam melaksanakan tugas pada usaha cuci motor ini.

"Dalam kegiatan ini selain rehabilitasi adalah untuk produktivitas mereka agar ada penghasilan”, ungkap Siswoyo.

Ia juga menyadari masih ada beberapa kedala dalam memberdayakan ODGJ ini, dicontohkan saat kunjungan rumah,masih ada stigma negative dari keluarga dan lingkungan, selain itu juga masalah pendanaan.

Sementara itu, Eny Sukowati ketua Posyandu Lentera Jiwa Kelurahan Balongsari melaporkan bahwa, jumlah warga binaan sebanyak 48 orang, 25 diantaranya aktif mengikuti kegiatan dan yang 8 orang telah berhasil dilatih ketrampilan cuci motor dan akhirnya dilaunching oleh Camat Magersari.


ODGJ sudah sembuh dan siap produktif - (an).


Selain ketrampilan cuci motor, sebelumnya juga bisa membuat sulak/kemucing, keset dari kain perca dan membuat telor asin serta membuat tempat air mineral dari bahan daur ulang.

“Warga binaan kami sudah bisa membuat sulak/kemucing, keset, telor asin dan tempat minum dari bahan daur ulang serta cuci motor saat ini. Semoga kedepan bisa berkembang lagi biar lebih produktif” ungkapnya.

Selama pelayanan usaha cuci motor ini, pengurus posyandu akan dijadwal piket untuk membantu mereka agar dalam pelaksanaan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta masyarakat pengguna jasa merasa aman dan nyaman.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan terima kasih kepada para donator di wilayah Balongsari hingga terwujudlah usaha cuci motor Mandiri Jaya yang bertempat di jalan Benteng Pancasila Nomor 21B tepatya di Balai RW 04 Lingkungan Gembongsari Kelurahan Balongsari.

“Semoga niat baik ini bisa memberikan manfaat untuk masyarakat dan warga binaan sendiri. Usaha cuci motor ini bukan lagi masalah social oriented namun sudah ke bisnis oriented", ujarnya.

"Oleh karea itu harapan kita orang yang cuci motor disini itu karena ingin kualitas cuciannya bersih, bukan karena kasihan atau pertimbangan lain. Ini karena profesionalisme kualitas kerja yang baik”, tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Camat Magersari ini juga menyampaikan terima kasih kepada Gesmanto lurah Balongsari sebelumnya yang telah mengawal inisiasi dari Posyandu Lentera jiwa.

Demikian juga kepada Ageng Ardhyanto Lurah Balongsari, ia berharap agar kegiatan posyandu jiwa ini dapat terus dibina agar dapat berjalan dan berkembang sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat. 

Hadir pada launching kali ini Kepala Puskesmas Gedongan drg. Rosida Anityas, Perwakilan dari DinkesP2KB, ketua RW.04 Lingkungan Gembongsari, perwakilan donatur, Camat Magersari, Lurah Magersari, Lurah Gunung Gedangan

Berikutnya, Lurah Jagalan, Lurah Sentanan, Lurah Purwotengah, Lurah Meri dan Lurah Balongsari, FKKS Kecamatan Magersari serta Forum Kota Mojokerto Sehat. Setelah dilakukan pengguntingan pita dilanjutkan dengan testimony mencuci motor langsung. *(an/HB)*