Jumat, 19 Mei 2023

Berikut Pesan Ning Ita Diperingatan Hari Hipertensi Sedunia 2023

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menyampaikan sambutan arahan dalam seminar kesehatan memperingati Hari Hipertensi Sedunia 2023 di Hall Prajna Wijaya lantai 4 Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada jalan Gajah Mada No. 100 Kota Mojokerto.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) setempat hari ini, Jum'at 19 Mei 2023, menggelar seminar kesehatan di Hall Prajna Wijaya lantai 4 Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada jalan Gajah Mada No. 100 Kota Mojokerto.

Seminar yang digelar dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia tahun 2023 dengan tema "Sayangi Diri dan Keluarga Kita dengan Cara Mencegah dan Mengendalikan Hipertensi serta Berperilaku CERDIK untuk Hidup Lebih Lama" ini, menghadirkan narasumber dr. Adityo Baskoro, SP. JP dari RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto. Adapun Hari Hipertensi Sedunia ini sendiri, diperingati setiap tanggal 17 Mei. 

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari hadir sekaligus berkesempatan menyampaikan sambutan pengarahan dalam seminar yang diikuti 250 peserta dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Mojokerto, anggota Kodim 0815/Mojokerto, Denpom V/2 Mojokerto dan Korem 082/CPYJ tersebut.

Di antara sambutan arahannya, orang nomor satu di lingkungan Pemkot Mojokerto tersebut berpesan agar para penderita hipertensi senantiasa berupaya tetap produktif. Hal itu bisa diupayakan salah-satunya dengan berperilaku CERDIK yang merupakan akronim dari Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres.

"Produktifitas ini sangat penting, jangan sampai hipertensi yang kita derita dalam usia produktif menjadi menurun produktifitasnya karena penyakit tersebut. Maka dari itu Pemkot telah memberikan fasilitasi kepada masyarakat yang tinggal di Kota Mojokerto untuk hidup lebih sehat, agar tidak sampai ada penyakit lanjutan", pesan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menyampaikan sambutan arahan dalam seminar di Hall Prajna Wijaya lantai 4 MPP Gajah Mada jalan Gajah Mada No. 100 Kota Mojokerto. Jum'at (19/05/2023).


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat diperiksa tekanan darahnya oleh petugas  dalam rangkaian acara Peringatan Hari Hipertensi Sedunia 2023 di Hall Prajna Wijaya lantai 4 Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada jalan Gajah Mada No. 100 Kota Mojokerto.


Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan Ning Ita ini pun berpesan agar para penderita hipertensi senantiasa berkomitmen senantiasa menerapkan pola hidup sehat agar bisa tetap produktif serta terhindar dari penyakit lanjutan yang disebabkan efek domino dari hipertensi.

"Jika kita mampu berkomitmen yang kuat ke arah yang lebih baik dengan menerapkan pola hidup sehat, insya ALLAH akan ada jalan untuk bisa lebih sehat. Merawat tubuh agar tetap sehat adalah salah-satu bentuk syukur kita kepada ALLAH SWT", pesan Ning Ita pula.

Dalam rangkaian acara seminar tersebut, Ning Ita juga berkesempatan menyerahkan reward kepada sejumlah ASN di lingkungan Pemkot Mojokerto yang rutin mengikuti Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) ASN di Pemkot Mojokerto.

Selain itu, dalam rangkaian acara seminar tersebut, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Pemkot Mojokerto juga memberikan layanan cek kesehatan gratis serta rekam jantung gratis bagi peserta seminar.

Adapun tujuan diselenggarakannya serangkaian kegiatan dalam rangka memperingat Hari Hipertensi Sedunia adalah untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat di seluruh dunia mengenai hipertensi dan dampaknya.

Selain itu, peringatan Hari Hipertensi Sedunia juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pencegahan hipertensi, deteksi dini, pengobatan, dan masalah serius yang dapat timbul akibat hipertensi.

Hari Hipertensi Sedunia sendiri pertama kali diperingati pada 14 Mei 2005 oleh The World Hypertension League (WHL). Banyak negara anggota WHL yang kemudian juga sepakat dengan gagasan WHL dan telah melakukan berbagai kegiatan di negaranya masing-masing sebagai upaya untuk memberikan penyadaran dan pengetahuan kepada masyarakat terkait hipertensi dan dampaknya.

Peringatan Hari Hipertensi Sedunia (HHS) tahun 2023 merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan pencegahan terjadinya hipertensi serta memberikan edukasi tentang pentingnya deteksi dini dan pengobatan hipertensi serta komplikasinya.

Upaya tersebut memerlukan kerja-sama dan koordinasi serta dukungan lintas program dan lintas sektor secara masif dan terintegrasi.  *(DI/HB/Adv)*