Jumat, 13 Mei 2022

Peringati Hardiknas 2022, Pemkot Mojokerto Gelar Upacara Dan Serahkan Hadiah

Baca Juga


Ning Ita didampingi Kapolresta Mojokerto menyerahkan hadiah lomba Patrol Bulan Ramadhan, Jum'at (13/05/2022) pagi, di halaman Kantor Wali Kota Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto - (zan).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di halaman Kantor Wali kota Mojokerto, Jumat (13/5/2022) pagi.

Peringatan Hardiknas yang sejatinya jatuh tiap tanggal 2 Mei, baru dilaksanakan Jum'at (13/05/2022) ini, mengingat di tanggal yang sama bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri dan periode cuti bersama Lebaran.

Hardiknas tahun ini mengusung tema 'Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar:. Tema tersebut menggambarkan betapa beberapa tahun belakangan insan dunia pendidikan menjadi salah-satu pihak yang berperan penting memulihkan dampak pandemi Covid-19.

Ning Ita saat menjadi inspektur upacara peringatan Hardiknas tahun 2022 di halaman Kantor Wali Kota Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto, Jum'at (13/05/2022) pagi - (zan).


"Kurikulum Merdeka yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran", ujar Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, membacakan pidato sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbud Ristek RI) Nadiem Anwar Makarim.

Tidak bisa dipungkiri, kurikulum Merdeka Belajar memberikan keleluasaan dalam metode belajar. Sehingga, keberadaannya seolah menjadi solusi atas sejumlah persoalan akibat pandemi yang tentu tidak pernah diduga-duga sebelumnya.

Pada penghujung pidatonya, Menteri Nadiem Anwar Makarim mengajak segenap penggerak Merdeka Belajar untuk melangkah semakin serentak serta senantiasa memegang komando, karena perjuangan belum usai dan bersiap menghadapi tantangan di masa depan.

Pengibaran Bendera Merah Mutih pada upacara peringatan Hardiknas tahun 2022 di halaman Kantor Wali Kota Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto, Jum'at (13/05/2022) pagi - (zan).


Pada kesempatan ini, juga dilakukan penyerahan sejumlah hadiah berupa tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan bagi para pemenang Lomba Patrol Bulan Ramadhan yang digelar pada Kamis (28/04/2022) lalu.

Para juara Lomba Patrol  Bulan Ramadhan yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Pemkot Mojokerto tersebut antara lain, untuk juara di jenjang SD/MI, adalah Gugus 3 Kecamatan Kranggan (juara 1), Gugus 3 Kecamatan Magersari (juara 2) dan Gugus 1 Kecamatan Kranggan (juara 3).

Berikutnya, untuk juara jenjang SMP/MTS, yaitu SMPN 1 Kota Mojokerto (juara 1), SMPN 2 Kota Mojokerto (juara 2) dan SMPN 3 Kota Mojokerto (juara 3).  Sementara untuk juara jenjang SMA/MA, yakni SMAN 3 Kota Mojokerto (juara 1), MAN 1 Kota Mojokerto (juara 2) dan SMKN 1 Kota Mojokerto (juara 3).

Selain itu, pada kesempatan ini juga dilakukan pemberian penghargaan beberapa sekolah di Kota Mojokerto penerima gelar pengharhaan Adiwiyata tahun 2021 baik tingkat nasional, provinsi ataupun kota serta pemberian tali asih kepada sejumlah pendidik yang telah purna tugas. *(EL/an/HB)*