Minggu, 31 Juli 2022

Dua Puluh Ribuan Masyarakat Jatim Meriahkan Gowes Tahun Baru 1444 Hijriyah, Gubernur Khofifah: Ini Bentuk Kebangkitan Guyub Rukun Seduluran

Baca Juga


Salah-satu suasana "Gowes Bareng Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa" dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah, Minggu (31/07/2022) pagi.


Kota SURABAYA – (harianbuana.com).
Dua puluh ribuan masyarakat Jawa Timur (Jatim) dari berbagai daerah dan komunitas memadati sepanjang Jalan Gubernur Suryo pada Minggu (31/07/2022) pagi. Mereka tampak begitu antusias mengikuti Gowes Bareng Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa  dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah.

Sembari mengibarkan bendera merah putih, para peserta gowes menyusuri rute sejauh 7 Km dengan start dan finish di depan Gedung Negara Grahadi, mulai dari Jl. Gubernur suryo – Jl. Panglima Sudirman – Jl. Sono Kembang – Jl. Karimun Jawa – Jl. Raya Gubeng – Jl Sumatera – Jl Stasiun Gubeng –Jl Anggrek –Jl. Kusuma Bangsa – Jl. Ambengan – Jl. Ngemplak – Jl. Simpang Dukuh – Jl. Gubernur Suryo.

Pada kesempatan ini, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa hadir bersama  Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak,  Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Nurcahyanto dan Wakil Kapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo juga didampingi pula oleh Sekdaprov Jatim Adhy Karyono, Kakanwil BI Jatim Budi Hanoto.

Usai memberangkatkan kloter pertama, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama rombongan dan para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim juga tancap gas menyusuri rute yang telah disiapkan hingga finish.

Melihat keberagaman dari berbagai kalangan yang hadir, Khofifah menyebut kegiatan gowes ini adalah bagian dari bentuk kebangkitan dam keguyub rukunan masyarakat Jatim. Apalagi, ini juga terlihat dari membludaknya peserta yang ikut memeriahkan kegiatan Gowes.

"Kegiatan ini menunjukkan kepada kita semua tentang arti kebangkitan. Bangkit bersama usai pandemi covid bersama mewujudkan semangat Optimis Jatim Bangkit. Melalui gowes ini juga menunjukkan tingginya toleransi dan seduluran di kalangan  masyarakat Jatim",  ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dihadapan para wartawan.


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa foto bersama penerima hadiah paket umroh, Minggu (31/07/2022) pagi.


Gubernur Khofifah mengungkapkan, bahwa gravitasi gowes membuat masyarakat diluar wilayah Gerbang Kertasusila turut hadir meramaikan.

"Saya lihat tadi ada dari Madiun, Malang, Kediri dan lainnya hadir memeriahkan. Gravitasi gowes ini luar biasa dan sangat borderless", ungkap Gubernur Khofifah.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini menjelaskan, gravitasi tanpa batas ini sebagai upaya yang bisa membangun kebersamaan.

"Kita lihat banyak kalangan yang hadir, muda hingga tua, anak-anak hingga dewasa, bermacam ras dan suku dan agama. Kibaran  merah putih dan semangat bela  NKRI telah mengalir dalam diri kita serta menyatu", jelas Gubernur Khofifah.

Gubernur perempuan di Provinsi Jawa Timur ini menambahkan, bahwa tingginya seduluran dan toleransi antar umat menggambarkan semangat 45 dan semangat merah putih yang menjadi ruh pada momentum tahun baru Hijriyah ini.

"Besok sudah masuk pada bulan Agustus. Bulan kemerdekaan RI. Maka saya yakin semangat 45 semangat merah putih akan menjadi ruh pada seluruh momentum dan gerakan yang kita lakukan bersama", tambah Gubernur Khofifah.

Pada gelaran yang melibatkan ribuan orang ini, Gubernur Khofifah bersama jajarannya menyiapkan pula sentra vaksinasi booster yang berada di halaman Gedung Negara Grahadi sisi Timur. Sebanyak 1.952 orang telah mendaftarkan diri untuk program vaksinasi ini.

"Di poster kami tulis 1.444 dosis kami sediakan ini sebagai simbolis tahun hijriyah. Tapi dilapangan sudah hampir 2ribu orang mendaftar. Semua tetap akan mendapatkan dosis vaksin boosternya. Bisa dilayani sampai sekitar jam 5 sore karena kita punya stok vaksin yang cukup", ungkap Gubernu Khofifah.


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama 20 ribuan warga saat mengikuti gowes dalam kegiatan Gowes Bareng Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah, Minggu (31/07/2022) pagi.


Pada kesempatan ini, Gubernur Khofifah pun berkesempatan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah berkenan memberikan atensi dan apresiasi atas berjalannya acara ini.

"Terima kasih banyak atas seluruh apresiasi termasuk atensi Bapak/Ibu sekalian. Selamat Tahun Baru Islam semuanya, semoga semuanya tambah sehat,, sukses,  sejahtera dan bahagia", ucapnya.

Gubernur Khofifah pun menyempatkan diri menyapa bahkan berfoto bersama warga yang memadati halaman Gedung Negara Grahadi usai Gowes. Bahkan, Gubernur Khofifah juga membagikan kurma kepada warga yang disambut dengan sangat antusias.

Jayadi, salah-satu peserta gowes yang berusia 70 tahun dari persatuan Gowes Grup Damri Surabaya mengaku sangat senang mengikuti kegiatan "Gowes Bareng Gubernur Khofifah". Apalagi, disediakan banyak hadiah bagi peserta.

"Ini baru pertama kalinya kami ke Grahadi, maturnuwun Bu Khofifah atas sambutan sangat hangatnya bagi kami warga Jawa Timur", ungkap Jayadi.

Sebagai informasi, hadiah yang bisa didapatkan oleh seluruh pemegang kupon adalah paket umroh untuk 5 orang, sepeda motor untuk 5 orang, sepeda gunung untuk 57 orang, TV untuk 10 orang dan Kulkas untuk 10 orang.

Para pemenang undian juga diumumkan di media massa dan media sosial. Hadiah tersebut diundi dari 15 ribu kupon undian yang dibagikan secara gratis kepada peserta gowes. *(Yn/DI/HB)*