Rabu, 25 Januari 2023

Wali Kota Mojokerto Ajak Parpol Turut Jaga Kondusifitas Sospol Di Forum Bimtek Bankeu

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Kepala Bakesbangpol Linmas Pemkot) Mojokerto Moch. Ali Imron saat menghampiri dan menyalami Pengurus Parpol peserta Bimtek Bankeu Parpol, di Sabha Mandala Madya Kantor Pemkot Mojokerto, Rabu (25/01/2023).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengajak jajaran partai politik untuk turut berpartisipasi dalam menjaga kondusifitas sosial politik (Sospol) di masyarakat. Mengingat, di tahun 2024 mendatang akan berlangsung pesta demokrasi serentak.

Ajakan tersebut, disampaikan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat memberi sambutan sekaligus arahan dalam kegiatan Bimbingan Teknis Bantuan Keuangan Partai Politik (Bimtek Bankeu Parpol) yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpol Linmas) setempat di Sabha Mandala Madya Kantor Pemkot Mojokerto, Rabu 25 Januari 2023.

Pada kesempatan ini, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari pun menyampaikan, dalam penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu), harus ada kesiapan dari berbagai pihak. Tidak hanya instansi penyelenggara, masyrakat pun diharapkan turut terlibat menyukseskan hajat lima tahunan tersebut.

"Termasuk Parpol yang juga bagian dari masyarakat. Tentu, teman-teman partai politik disini ingin Pemilu berjalan dengan sukses", ujar Kali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dihadapan 100 Pengurus Parpol peserta Bimtek Bankeu Parpol, di Sabha Mandala Madya Kantor Pemkot Mojokerto, Rabu (25/01/2023).

Lebih lanjut, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menjelaskan, bahwa sebagaimana Instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda SE Indonésia beberapa waktu lalu, bahwa di tahun 2024 dijadwalkan akan berlangsung Pemilu serentak sebanyak 2 (dua) kali.

Yang mana, pada bulan Februari 2024, akan dilaksanakan pemilihan presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota. Disusul kemudian, pada bulan September, akan dilangsungkan pemilihan gubernur dan wali kota/ bupati.

"Berbeda dengan Pemilu serentak seblumnya, Pemilu mendatang akan benar-benar berlangsung secara bersamaan di berbagai daerah. Dengan demikian TNI dan Polri akan bertugas di wilayah masing-masing, tidak bisa diperbantukan untuk daerah lain seperti sebelumnya", jelas Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Sehingga, ketika dilaksanakan Pemilu serentak tersebut, untuk menjaga kondisifitas suatu daerah dalam Pemilu mendatang tidak bisa hanya mengandalkan TNI dan Polri. Masyarakat sipil juga memiliki peran untuk turut ambil bagian.

"Mari, ayo bersama-sama kita kuatkan peran kita masing-masing dalam menjaga kondusifitas sosial politik, demi suksesnya Pemilu 2024", ajak Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Hadir sekaligus mendampingi Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dalam forum Bimtek Bankeu Parpol kali ini, Kepala Bakesbangpol Linmas Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto  Moch. Ali Imron. *(EL/HB)*