Rabu, 12 April 2023

KPK Amankan 25 Orang Dalam Tangkap Tangan Di 4 Daerah Terkait Perkeretaapian

Baca Juga


Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Tim Satuan Tugas (Satgas) Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) total mengamankan 25 orang dalam serangkaian kegiatan Tangkap Tangan (TT) Wilayah Balai Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Jawa Tengah (Jateng) atas dugaan suap proyek track out atau jalur kereta api Tegal yang digelar di 4 (empat) daerah sekaligus pada Selasa 11 April 2023.

"Sejauh ini, Tim KPK berhasil mengamankan para pihak terkait kasus ini sekitar 25 orang. Penangkapan dilakukan di Semarang, Jakarta, Jawa Barat dan Surabaya", terang Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri selaku Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/04/2023).

Ali menjelaskan, dua puluh lima orang yang diamankan dalam serangkaian kegiatan Tangkap Tangan tersebut meliputi penyelenggara negara, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek serta pihak swasta.

“Dugaan korupsinya terkait pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi dan proyek-proyek perbaikan perlintasan kereta api lainnya di DJKA Kemenhub (Kementerian Perhubungan)", jelas Ali Fikri.

Selain mengamankan 25 orang, Tim Satgas Penindakan KPK juga berhasil mengamankan uang diduga terkait perkara berniliai miliaran rupiah dan ribuan dolar Amerika Serikat.

“Sejauh ini, turut diamankan uang diduga terkait perkara sebagai barang bukti. Sebagai bukti permulaan, sekitar miliaran rupiah. Ada juga uang sebanyak sekitar ribuan dollar Amerika Serikat. Perkembangan segera akan disampaikan", tandasnya.

KPK mempunyai waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status perkara dan status hukum para pihak yang diamankan dalam Tangkap Tangan tersebut. *(HB)*

BERITA TERKAIT: