Kamis, 18 Mei 2023

Tahlil Kubro Peringati Harlah Ke-77 Muslimat NU, Ning Ita Luncurkan E-Kartamus

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (nomer 3 diri kiri depan) bersama ribuan anggota Muslimat NU Kota Mojokerto saat menunjukkan E-Kartamus dalam rangkaian acara peringatan Harlah ke-77 Muslimat NU di Masjid Agung Al Fattah Kota Mojokerto, Kamis (18/05/2023).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari meluncurkan E-Kartamus. Kartu Anggota Muslimat NU elektronik (E-Kartamus) ini diluncurkan dalam acara Tahlil Kubro sekaligus memperingati Harlah ke-77 Muslimat NU di Masjid Agung Al Fattah Kota Mojokerto, Kamis (18/05/2023).

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang juga menjabat Ketua PC Muslimat NU Kota Mojokerto ini menerangkan, bahwa E-Kartamus merupakan salah-satu upaya Muslimat NU untuk mengikuti perkembangan zaman yang bertransformasi ke arah digital.

"Termasuk juga dalam rangka menyukseskan program Pemerintah Republik Indonesia terkait dengan digitalisasi daerah. Maka dalam perekaman kartu anggota Muslimat NU kota Mojokerto, kami bekerjasama dengan Bank Jatim", terang Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Lebih lanjut, Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan Ning Ita ini menjelaskan, E-Kartamus tidak hanya berfungsi sebagai kartu identitas anggota Muslimat NU saja, melainkan juga E-Money untuk pembayaran cash less atau non tunai. Kartu ini nantinya bisa digunakan di seluruh merchant (toko online maupun fisik) yang bisa menerima pembayaran non tunai.

Dijelaskannya pula, dengan E-Kartamus, anggota Muslimat NU dapat melakukan beragam jenis pembayaran, seperti belanja sehari-hari, e-Toll, pulsa, token listrik dan lain-lain secara non tunai dengan mudah dan praktis. Demikian pula dengan pengisian saldo e-money (top up) yang juga bisa dilakukan dimanapun, termasuk di minimarket terdekat.

"Total anggota Muslimat NU Kota Mojokerto lebih dari 10 ribu, sekitar 10 ribu 300-an. 3000 anggota sudah mendapat E-Kartamus di tahap awal. Nantinya akan dilakukan secara bertahap", jelas Ning Ita.

Ning Ita menegaskan, PC Muslimat NU Kota Mojokerto merupakan pilot project (proyek percontohan) dalam digitalisasi kartu anggota Muslimat NU. Ke depan, program ini akan direplikasi oleh Muslimat NU di daerah-daerah lainnya.

Ditandaskan Ning Ita, di usia Muslimat NU yang hampir mencapai satu abad ini, ia berharap agar organisasi perempuan yang didirikan oleh Nyai R. Djuaesih pada 29 Maret 1946 ini bisa berperan aktif dalam membangun peradaban.

"Sebagaimana tema besar Harlah tahun ini, 'Menguatkan Peran Muslimat NU dalam Membangun Peradaban', kita harus mampu berperan membangun peradaban, menjaga eksistensi Muslimat NU", tandasnya. *(EL/an/HB)*