Jumat, 12 Mei 2023

Wali Kota Mojokerto Tinjau Pendistribusian Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah

Baca Juga


Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Plt. Kepala DKPP Pemkot Mojokerto Muchammad Hekamarta Fanani saat menyalami warga yang tengah menunggu giliran menerima bantuan pangan CBP di Kantor Kelurahan Blooto Kecamatan Prajurit Kulon, Jum'at (12/05/2023) pagi.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Untuk memastikan telah berjalan lancar, Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Pelaksana-tugas (Plt.) Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto Muchammad Hekamarta Fanani meninjau langsung lokasi pendistribusian bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di Kantor Kelurahan Blooto Kecamatan Prajurit Kulon, Jum'at (12/05/2023) pagi. Yang mana, hari ini, total ada 577 warga dijadwalkan menerima bantuan tersebut.

Bantuan pangan berupa beras seberat 10 Kg untuk masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kali ini merupakan tahap ke-2 (dua) untuk alokasi pendistribusian bulan April. Adapun untuk pendistribusian Bantuan Pangan CBP tahap pertama, telah didistribusikan pada awal bulan April 2023 sebelum Idul Fitri 1444 Hijjriyah.

Pemberian bantuan pangan berupa beras ini merupakan respon Pemerintah Pusat melalui Badan Pangan Nasional dalam menghadapi terjadinya kenaikan harga beras sejak bulan Ramadhan 1444 Hijjriyah lalu. Yang mana, HET (Harga Eceran Tertinggi) beras jenis IR-64 yang sebelumnya sebesar Rp. 9.500,– / Kg menjadi Rp. 10.800,– / Kg ketika memasuki bulan April 2023.

“Adanya bantuan ini supaya masyarakat yang memang kategori membutuhkan, tidak lagi merasa kesulitan dengan adanya kenaikan harga beras", ungkap Wali Kota Mokokerto Ika Puspitasari dihadapan ratusan warga yang sedang menunggu giliran menerima bantuan pangan berupa beras tersebut.

Sebagai informasi, program bantuan pangan berupa beras ini diberikan selama 3 (tiga) bulan, yakni mulai bulan Maret hingga Mei. Pemberian bantuan ini tidak mengahpus bantuan rutin yang bersumber dari Kementrian Sosial melalui Program Keluarga Harapan (PKH) berupa bahan pangan pokok setiap bulannya.

Diketahui, terdapat 8.181 KPM se Kota Mojokerto yang terdaftar sebagai penerima bantuan pangan CPB. Bagi KPM Kecamatan Kranggan dan Kecamatan Magersari, penyaluran telah berlangsung sejak Kamis (11/05/2023) kemarin di kantor kelurahan masing-masing. Sedangkan untuk seluruh kelurahan di Kecamatan Prajurit Kulon dilakukan di hari berikutnya.

Proses pendistribusian bantuan pangan kali ini, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pemerintah Kota Mojokert dibantu oleh Pos Indonesia. Sementara untuk penyediaan beras, dilakukan oleh Perum BULOG. *(EL/an/HB)*