Kamis, 30 November 2023

Sambut Tim Penilai Visitasi SPBE 2023, Wali Kota Berkomitmen SPBE Di Kota Mojokerto Dapat Diimplementasikan Secara Baik

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Mojokerto Abd. Rachman Tuwo dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias saat menyambut Tim Penilai SPBE, di ruang tamu Kantor Dinas Wali Kota Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto, Kamis 30 November 2023 pagi
.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto hari ini, Kamis 30 November 2023 pagi, mendapat kunjungan Tim Penilai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang terdiri dari akademisi perguruan tinggi sebagai penilai eksternal, Badan Siber dan Sandi Negara dan dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Tim Penilai SPBE berkunjung ke Pemkot Mojokerto, karena Pemkot Mojokerto merupakan salah-satu di antara 28 pemerintah daerah visitasi terpilih. Penilaian Visitasi SPBE sendiri merupakan penilaian yang dilaksanakan melalui kunjungan secara langsung dalam rangka melakukan klarifikasi, validasi dan pengamatan langsung atas penerapan SPBE di Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD).

Kedatangan Tim Penilai SPBE tersebut disambut secara langsung oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Mojokerto Abd. Rachman Tuwo dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias di ruang tamu Kantor Dinas Wali Kota Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto.

“Kami berkomitmen agar SPBE di Kota Mojokerto tidak saja secara indeks meningkat tapi memang dapat diimplementasikan secara baik di Kota Mojokerto. Karena ini juga bagian dari upaya meningkatkan kualitas pelayan publik bagi masyarakat", ujar Wali kota Ika Puspitasari, Kamis (30/11/2023) pagi.

Setelah beberapa saat lamanya bersilaturrahim di ruang tamu Wali Kota Mojokerto, rombongan Tim Penilai SPBE 2023 menuju ruang Command Center Sekretariat Daerah (Setda) Kota Mojokerto dalam rangka Penilaian Visitasi SPBE Tahun 2023 Pemerintah Kota Mojokerto yang diikuti oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Mojokerto.


Salah-satu suasana Penilaian Visitasi SPBE Tahun 2023 Pemerintah Kota Mojokerto, di ruang Command Center Sekretariat Daerah Kota Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto, Kamis 30 November 2023.


Forum Penilaian Visitasi SPBE Tahun 2023 Pemerintah Kota Mojokerto dibuka oleh Kepala Diskominfo Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias. Dalam forum ini, Santi di antaranya menerangkan, bahwa indeks implementasi SPBE di Kota Mojokerto selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

"Di tahun 2021, indeks realisasi SPBE berada di angka 2,92. Di tahun berikutnya naik menjadi 3,32 dan di tahun 2023 berdasarkan penilaian mandiri, mencapai 4,33. Ini merupkan harapan kami semua, mudah-mudahan dalam proses vitisasi ini, antara yang kami sajikan sesuai dengan yang ada di sistem", terang Kepala Diskominfo Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias.

Ditandaskan Santi, bahwa presiden telah menetapkan Arsitektur SPBE Nasional melalui Perpres Nomor 132 Tahun 2022. Hal itu menunjukkan pemerintah memiliki komitmen yang kuat untuk mengakselerasi implementasi integrasi penerapan SPBE untuk peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Dan kami yang di daerah, akan terus melakukan perbaikan sesuai kaidah yang telah ditetapkan pemerintah pusat", tandas Kepala Diskominfo Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias.

Tim Penilai Visitasi SPBE Nasional menyampaikan, bahwa tujuan diadakannya visitasi ini sebagai kontribusi dan untuk mendorong SPBE instansi pusat maupun pemerintah daerah sebagaimana amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Sebagaimana diketahui, bahwa penerapan SPBE atau biasa disebut e-government merupakan upaya transformasi digital menuju pemerintahan dan pelayanan publik berbasis elektronik demi mewujudkan pemerintah yang akuntabel dan layanan yang berkualitas.

SPBE mengutamakan peningkatan efektivitas pemanfaatan aplikasi yang telah beroperasi, mengonsolidasikan aplikasi menjadi platform digital terpadu baik di internal maupun antar-instansi serta interoperabilitas data dan aplikasi melalui pemanfaatan Arsitektur SPBE.

Terkait itu, Tim Penilai Visitasi SPBE melakukan evaluasi lanjutan setelah tahap penilaian dokumen dan interview di ruang Command Center Kantor Sekretariat Daerah Kota Mojokerto. Tujuannya adalah untuk melakukan klarifikasi, verifikasi dan validasi secara langsung sebagai dasar justifikasi penilaian Visitasi SPBE Tahun 2023 Pemerintah Kota Mojokerto.

Adapun capaian dari Visitasi SPBE tersebut akan menjadi bukti komitmen bahwa pemerintah telah melaksanakan pemerintahan yang akuntabel dan transparan. Sehingga, dapat mewujudkan pemerintahan yang bersih. Dengan demikian, pengembangan dan percepatan digitalisasi di ligkungan pemerintah sangat penting untuk terus dilakukan. *(DI/HB/Adv)*