Jumat, 24 November 2023

Wujudkan Layanan Berbasis Digital, Bupati Mojokerto Hadiri Bimtek Arsitektur

Baca Juga


Bupati Mojokerto Ikfina didampingi Kadis Kominfo Pemkab Mojokerto Ardi Sepdianto dan Sekdakab Mojokerto Teguh Gunarko saat penutupan Bimtek arsitektur SPBE di aula Arayanna Hotel & Resort, Trawas, Jum’at (24/11/2023) sore.


Kab. MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2024 – 2028 di aula Arayanna Hotel & Resort, Kecamatan Trawas. Penyelenggaraan Bimtek tersebut sebagai upaya guna mewujudkan peningkatan pelayanan masyarakat di Mojokerto yang berbasis digital.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari, mulai Rabu 22 November 2023 dan berakhir hari ini, Jum’at 24 November 2023, selain untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, diharapkan juga dapat membentuk komitmen kepala OPD dalam pelaksanaan SPBE Kabupaten Mojokerto, membentuk kerangka kerja SPBE Kabupaten Mojokerto serta menyusun rencana strategis SPBE Kabupaten Mojokerto

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat menghadiri agenda penutupan Bimtek arsitektur SPBE  2024 – 2028 menjelaskan, bahwa kegiatan ini memang perlu melibatkan seluruh perangkat daerah. Bupati Ikfina pun menilai, kegiatan ini bagian dari proses terhadap intern pemerintah maupun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk digital.

"Arsitektur ini bagian yang sangat penting, sehingga sosialisasi ini adalah supaya semuanya tahu dan paham, bagaimana bentuk arsitektur yang sudah kita susun itu merupakan masukan dari masing-masing perangkat daerah. kemudian dipahami dan berikutnya akan dilanjutkan dengan roadmapnya", jelas Bupati Ikfina, usai menutup  Bimtek arsitektur SPBE 2024 – 2028 di aula Arayanna Hotel & Resor, Trawas, Jum’at (24/11/2023) sore.

Bupati Ikfina pun menegaskan, penyusunan arsitektur SPBE ini berkelanjutan juga menyesuaikan dengan kondisi kebutuhan masyarakat dan kesiapan sarana prasarana pemerintah.

"Jadi, nanti 2024 targetnya apa? Tahun 2025 targetnya seperti apa? Sehingga nanti endingnya, tahun 2028 seperti apa? Jadi, ini sifatnya berkelanjutan dan berkembang terus, karena pelayanan kita kepada masyarakat juga sesuai dengan kondisi di lapangan dan sesuai juga dengan proses bisnis yang harus kita laksanakan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah tingkat 2 dan pemerintah provinsi dengan pemerintah daerah tingkat 2", pungkas Bupati Ikfina.

Pada kesempatan ini, Diskominfo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto juga memberikan penghargaan kepada OPD yang telah melaksanakan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Penghargaan itu dibagi kedalam 4 (empat) kategori. Di antaranya pengelolaan perjalanan dinas terbaik, tanda tangan elektronik terbanyak, pelaporan satu data palapa terlengkap dan website teraktif.

Secara terpisah, Kepala Diskominfo Pemkab Mojokerto Ardi Sepdianto yang menginisiasi kegiatan ini mengungkapkan, bahwa arsitektur SPBE 2024 – 2028 telah disusun sejak bulan Juli. Penyusunan ini, telah melawati beberapa tahapan mulai dari sosialisasi hingga pengumpulan data.

Dijelaskannya, penyusunan arsitektur SPBE 2024 – 2028 menciptakan sebuah draft dokumen arsitektur dan peta rencana SPBE berupa buku yang di antaranya, pertama, kondisi eksisting dan analisis GAP SPBE Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Kedua, arsitektur proses bisnis dan SOP SPBE.

Ketiga, arsitektur data dan informasi dan layanan SPBE. Keempat, arsitektur aplikasi SPBE. Kelima, arsitektur infrastruktur SPBE. Keenam, arsitektur keamanan SPBE. Ketujuh, arsitektur tata kelola & manajemen SPBE, serta penyelenggara SPBE. Delapan, peta rencana, dan perkiraan biaya paket kegiatan SPBE. Terakhir, executive summary.

Ditegaskan Ardi Sepdianto, bahwa mulai dari sosialisasi, survei dan banyak diskusi dengan banyak pihak. Sedangkan dalam arsitektur SPBE 2024 – 2028 kedepannya akan menciptakan dua inovasi berbasis digital, yakni sebuah inovasi untuk mempermudah administrasi pemerintah dan inovasi untuk pelayanan masyarakat.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, yakni 22 – 24 November 2023 ini, diikuti oleh seluruh kepala dan sekretaris OPD dan camat se-Kabupaten Mojokerto.

"E-office ini untuk mempermudah administrasi pemerintahan sedangkan SuperApps untuk pelayanan masyarakat umum. Kegiatan ini, bertujuan agar nilai indeks SPBE Kabupaten Mojokerto setiap tahun semakin meningkat dan pencapaian nilai indeks SPBE kita saat ini  mencapai 2,73. Ditahun 2024 nanti sesuai dengan roadmap target nilai indeks SPBE 3,3,", tegas Ardi. *(get/DI/HB)*