Jumat, 29 Maret 2024

KPK Akan Cek Rekening Jaksa KPK Peras Saksi Rp. 3 Miliar

Baca Juga


Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang melakukan pengecekan rekening bank Jaksa KPK berinisial TI yang diduga melakukan pemerasan terhadap Saksi suatu perkara yang ditangani KPK.

Pengecekan tersebut, termasuk penelusuran Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Jaksa KPK berinisial TI tersebut. Dari informasi yang didapat, oknum Jaksa KPK berinisial TI itu diduga memeras Saksi hingga mencapai Rp. 3 miliar.

"Sedang dilihat rekening banknya", kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan kepada awak media, Jum'at (29/03/2024).

Pahala menyampaikan, pihaknya akan mengecek lebih rinci soal Jaksa KPK berinisial TI pada pekan depan. Termasuk menyangkut dugaan kepemilikan mobil Mercedes Benz yang tidak tercantum pada LHKPN Jaksa TI.

"Senin saya lihat detailnya", ujar Pahala.

Sebelumnya, Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan pihaknya menerima aduan tentang dugaan seorang Jaksa KPK diduga memeras Saksi suatu perkara.

"Benar, Dewas menerima pengaduan dimaksud", kata Anggota Dewas KPK Albertina Ho saat dikonfirmasi, Jum'at (29/03/2024).

Albertina menjelaskan, setelah diproses sesuai Prosedur Operasional Baku (POB) Dewas, aduan itu diteruskan dengan Nota Dinas tanggal 6 Desember 2023, ke Deputi Penindakan dan Deputi Pencegahan untuk ditindak-lanjuti.

"Ke Deputi Penindakan dan Deputi Pencegahan untuk ditindak-lanjuti sesuai kewenangan dan peraturan yang berlaku, dengan tembusan ke Pimpinan KPK", jelas Albertina Ho.

Ditegaskan Albertina Ho, bahwa berdasarkan informasi yang diterima Dewas, KPK telah menyelidiki dugaan pemerasan itu. Meski demikian, Albertina mengaku tidak tahu perkembangan lebih lanjut penanganan kasus itu.

"Info terakhir yang diperoleh Dewas, telah dilidik dan LHKPN. Perkembangannya seperti apa, Dewas tidak tahu, silahkan konfirmasi ke Humas KPK", tegasnya. *(HB)*


BERITA TERKAIT: