Sabtu, 11 Mei 2024

Biasakan Anak Tidak Takut Berobat Medis, Bupati Mojokerto Gelar Santika

Baca Juga

Bupati Mojokerto Fahmawati dan Kadinkes Pemkab Mojokerto dr. Ulum senam bareng siswa/ siswi TK di halaman di Puskesmas Kupang, Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto,  Sabtu (11/05/2024).


Kab. MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bersama Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto dr. Ulum menggelar program Santika (Sabtu Sehat Bersama Anak TK)  di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kupang, Kecamatan Jetis. Program yang digagas oleh Dinkes Pemkab Mojokerto tersebut untuk membiasakan anak usia dini supaya tidak takut menjalani pengobatan medis di Puskesmas maupun rumah sakit.

"Tujuan menggelar program Santika di Puskesmas ini,  yaitu untuk mengenalkan kepada anak-anak semuanya pada pelayanan dan seluruh Nakes yang melayani di Puskesmas, khususnya hari ini di Puskesmas Kupang, supaya anak-anak kita tidak takut Nakes ketika diperiksa (berobat)", kata Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di sela melakukan kegiatan di Puskesmas Kupang, Sabtu (11/05/2024).

Pantauan di lokasi, sedikitnya ada 67 siswa/ siswi dari TK Darul Ulum Desa Ngabar Kecamatan Jetis yang mengikuti program Santika ini. Kegiatan di awali dengan senam sehat itu, diharapkan anak usia dini dapat mengetahui apa saja yang ada didalam Puskesmas serta menghilangkan rasa takut pada anak-anak usia dini untuk pergi berobat.

Usai melakukan senam sehat, Bupati Ikfina mengajak para siswa berkeliling area Puskesmas untuk memperkenalkan jajaran profesi tenaga kesehatan (Nakes) seperti dokter, perawat, bidan, ahli gizi, laboratorium hingga jenis-jenis obat yang tersedia juga turut dikenalkan.

"Di Puskesmas kupang, ada 3 dokter umum dan 1 dokter gigi. Biasanya ada 2 dokter saja. Selain dokter, ada juga perawat dan bidan", jelas Bupati Ikfina.

Bupati Ikfina juga menjelaskan, bahwa program Santika merupakan bagian dari Gerakan Memasyarakatkan Hidup Sehat (Germas), sehingga Ia juga mengimbau agar masyarakat dapat menerapkan pola hidup sehat.

"Acara ini menjadi bagian dari Gerakan Memasyarakatkan Hidup Sehat (Germas). Jadi, ada beberapa hal yang harus kita lakukan dalam memasyarakatkan hidup sehat yaitu melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban", tandasnya.

Selain Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Kepala Dinkes Pemkab Mojokerto dr. Ulum Rokhmat, kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Ludfy Ariyono, jajaran Forkopimca Jetis, Kepala UPTD Puskesmas Kupang, Bunda Paud Desa wilayah Kupang, Ketua IGTKI Jetis, Ketua Himpaudi Kecamatan Jetis serta Guru dan Wali Murid.*(get/DI/HB)*