Rabu, 13 Mei 2020

Ning Ita Beri Bantuan Perbaikan Rumah Roboh Milik Warga

Baca Juga

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Plt. Kepala Dinsos Pemkot Mojokerto Heru Setyadi saat memberi arahan kepada instansi terkait, Selasa (12/05/2020).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bergerak cepat dalam menangani rumah roboh milik warga Lingkungan Balongrawe Kelurahan Kedundung Kecamatan Magersari pada Senin (11/05/2010) lalu. Kendati rumah milik Romlah (52) ini berada di atas lahan orang lain, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto tetap memberikan bantuan renovasi rumah agar keluarga korban tetap bisa mendapatkan perlindungan.

Ditengah kesibukannya, gerak cepat itu diwujudkan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang akrab dengan sapaan "Ning Ita" ini dengan menemui keluarga korban untuk mengecek kondisi korban dan keadaan rumah roboh tersebut pada Selasa 12 Mei 2020.

Dengan didampingi Pelaksana-tugas (Plt.) Kepala Dinas Sosial Heru Setyadi, Ning Ita memberikan arahan kepada dinas terkait untuk bergerak cepat dalam menangani masalah yang menimpa warga Kota Mojokerto.

"Karena rumah beliau berdiri di tanah yang bukan milik pribadi, Bu Romla belum bisa mengikuti program Bedah Rumah dari Pemerintah. Namun, kami melalui Dinas Sosial, BAZNAS serta gotong-royong dengan warga sekitar, tetap berkomitmen untuk membangun kembali rumah Bu Romla. Walaupun jenis bangunannya non-permanen, bahan bangunan akan disediakan oleh Dinas Sosial dan pengerjaan pembangunan rumah akan dilakukan secara gotong-royong dengan warga sekitar", jelas Ning Ita.

Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini menegaskan, keluarga korban rumah roboh ini bisa tinggal untuk sementara waktu di 'Rumah Aman' milik Dinas Sosial Kota Mojokerto. Ia pun sempat mengungkapkan apresiasinya atas inisiatif warga yang telah bergotong-royong mengulurkan bantuan kepada korban.

"Saya juga mengucapkan terima kasih dan sangat salut kepada warga Kota Mojokerto yang atas berinisiatif pribadi maupun kelompok yang telah memberikan bantuan kepada Ibu Romla. Semoga semangat gotong royong, kepedulian dan solidaritas ini dapat terus kita tumbuh-kembangkan di tengah pandemi Covid–19", ungkap Ning Ita, penuh harap.

Seperti yang diketahui sebelumnya, rumah Romlah (52) warga Lingkungan Balongrawe Kelurahan Kedundung Kecamatan Magersari Kota Mojokerto mendadak roboh usai diguyur hujan deras yang berlangsung cukup lama pada Senin (11/05/2020) dini hari.

Diduga, rumah semi permanen yang terbuat dari bambu berukuran 4x6 meter persegi tersebut telah lapuk dimakan usia. Mengetahui hal tersebut, warga kemudian bergotong -royong mengevakuasi pemilik rumah untuk di bawah ke Rumah Aman milik Dinas Sosial. *(Ry/Hms/HB)*