Jumat, 27 Mei 2016

Bupati Pasuruan Wacanakan Launching Satrya Emas

Baca Juga


Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf saat dalam acara diskusi ekonomi, Jum'at (27/05/2016).

Kab. Pasuruan - (harianbuana.com).
   Jelang launching program 'Satrya Emas' atau klinik ekonomi Pusat Strategi dan Pelayanan Ekonomi Maslahat yang diwacanakan oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan menggelar diskusi ekonomi dipendopo Ngawiji Ngesti Wenganing Gusti, Jumat (27/5/2016).
   Dalam sambutannya, gus Irsyad (sapaan karib Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf) menuturkan, bahwa Satrya Emas ini merupakan inovasi yang dirancangnya bersama Dewan Riset Daerah (DRD) untuk menguatkan UMKM, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas "Satrya Emas ini merupakan inovasi yang saya rancang bersama Dewan Riset Daerah (DRD) untuk menguatkan UMKM bait dari sisi kualitas maupun kuantitas. UMKM harus mampu kreatif merancang produk agar lebih bisa bersaing", gus Irsyad.
   Gus Iryad yang dalam diskusi ini didampingi pakar ekonomi dan Enciety Business Consult Kresnayana Yahya serta narasumber dari LSI Riza Prima, memaparkan, bahwa dengan UMKM yang kuat, maka otomatis kemiskinan dan pengangguran akan berkurang.
   "Empat pemangku kepentingan harus bekerja bersama demi suksesnya program ini. Pertama, Pemerintah selaku pihak yang memiliki aturan dan anggaran. Kedua, masyarakat, yang dalam hal ini UKM, LSM, wartawan dan semua elemen yang ada. Ketiga, para ahli dan orang-orang kompeten dibidang-bidang yang jadi sasaran. Yang keempat, dunia usaha. Dunia usaha harus mendukung melalui CRS-nya, baik berupa pelatihan-pelatihan maupun kegiatan yang mendukung UKM", papar gus Irsyad.
   Jeda berikutnya,  Kresnayana Yahya dalam penyampaian materi menyatakan, bahwa dengan banyaknya industri di Kabupaten Pasuruan merupakan peluang besar bagi pengembangan UMKM. "Dunia usaha yang demikian banyaknya di Kabupaten Pasuruan merupakan peluang bagi pengembangan dan penyerap produk-produk UMKM yang ada. Harus diupayakan, agar perusahaan-perusahaan melakukan pelatihan pada UMKM", cetusnya.
   Sementara itu, launching Satrya Emas yang telah diwacanakan sejak waktu sebelumya itu sendiri, akan digelar pada Jum'at-malam (27/05/2016) sekira pukul 19.00 WIB, dihalaman kantor Kecamatan Pandaan yang akan dimeriahkan dengan pagelaran peragaan busana batik dan produk-produk unggulan dari setiap Kecamatan se Kabupaten Pasuruan.  *(Ric/DI/Red)*