Jumat, 05 Januari 2018

Sungguh Manusia Itu Dhalim Dan Bodoh

Baca Juga

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Oleh :  Machfud Machradji.


Surat Al-Ahzab Ayat 72.

إِنَّا عَرَضْنَا الْأَمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ أَنْ يَحْمِلْنَهَا وَأَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا الْإِنْسَانُ ۖ إِنَّهُ كَانَ ظَلُومًا جَهُولًا

Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh, benar bahwa manusia itu makhluk yang lemah.

Tiada daya dan kekuatan kecuali dari Allah Swt. Begitu besar kasih sayang/rahman rahim Allah kepada manusia, memberinya segala kebutuhan sehingga manusia dapat hidup dan beraktivitas. Tak kuasa kita menghitung berapa besar nikmat Allah yang telah diberikan kepada manusia, karena memang begitu banyak dan besarnya.

Makanan disiapkan oleh Allah untuk manusia agar bisa hidup dan sehat, nyaman, bahagia, enak serta nikmat. Makanan Padi, gandum, jagung, bulgur, kedelai, ketela, gembili, uwi, ganyong, bote, papaya, salak, jambu, alpukat, nanas, apel, rambutan, kelengkeng, strobery, anggur, durian, pisang,  salak, tomat, mentimun, gubis, buncis, turi, kemangi, kangkung, bayam, wortel, kecambah, dan masih banyak lagi. Belum lagi berbagai minuman, obat-obatan, udara, bemacam-macam zat, daging, ikan dsb. Juga potensi berfikir, merasa, mencium, meraba, berbicara, melihat, mendengar dll.

Manusia hanya diminta untuk ibadah kepada Allah Swt. Taat dan patuh alias Islam kepada Allah. Akan tetapi ingkar, menolak bahkan melawan. Akal dan hatinya mati dibunuh oleh nafsunya. Jatuhlah pada jurang dosa. Akibatnya mendapat siksa dari Allah Swt.
Sungguh manusia itu dhalim/melampaui batas/aniaya diri sendri dan bodoh. Sadarlah !
Semoga bermanfaat saudaraku.
*(M2/DI/Red)*