Senin, 26 Februari 2018

Karakter Seseorang Bisa Tercermin Dari Teman Bergaulnya

Baca Juga

H. Machfud Machradji.


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Teman bergaul bisa mencerminkan diri kita. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

الْمُؤْمِنُ مِرْآةُ (أخيه) الْمُؤْمِنِ

Seorang mukmin cerminan dari saudaranya yang mukmin. (HR al-Bukhâri (al-Adabul -Mufrad no. 239) dan Abu Dâwud no. 4918 (ash-Shahîhah no. 926).

الأَرْوَاحُ جُنُودٌ مُجَنَّدَةٌ فَمَا تَعَارَفَ مِنْهَا ائْتَلَفَ وَمَا تَنَاكَرَ مِنْهَا اخْتَلَفَ

Ruh-ruh itu bagaikan pasukan yang berkumpul (berkelompok). (Oleh karena itu), jika mereka saling mengenal maka mereka akan bersatu dan jika saling tidak mengenal maka akan berbeda (berpisah). (HR al-Bukhâri no. 3336 dan Muslim no. 6708).

الرَّجُلُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ

Seseorang itu tergantung pada agama temannya. Oleh karena itu, salah satu di antara kalian hendaknya memperhatikan siapa yang dia jadikan teman. (HR Abu Dâwud no. 4833 dan at-Tirmidzi no. 2378. (ash-Shahîhah no. 927).

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

الْفَخْرُ وَالْخُيَلاَءُ فِي الْفَدَّادِينَ أَهْلِ الْوَبَرِ وَالسَّكِينَةُ فِي أَهْلِ الْغَنَمِ

Kesombongan dan keangkuhan terdapat pada orang-orang yang meninggikan suara di kalangan pengembala onta. Dan ketenangan terdapat pada pengembala kambing. (HR. al-Bukhâri no. 3499 dan Muslim no. 187 ).


Allah Azza wa Jalla berfirman:

وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ

Sabarkanlah dirimu bersama orang-orang yang berdo'a kepada Allah, pada waktu pagi dan petang, (yang mereka itu) menginginkan wajah-Nya [al-Kahfi/18: 28].



Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا

Mukmin yang paling sempurna imannya adalah mukmin yang paling baik akhlaknya . (HR Abu Dâwud no. 4682 dan at-Tirmidzi no.1163. (ash-Shahîhah no. 284).

لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

Tidak sempurna iman salah seorang dari kalian sampai dia mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri. (]. HR. al-Bukhâri no. 13, Muslim no. 40 , an-Nasâ’i no. 5031, at-Tirmidzi no. 2515 dan Ibnu Mâjah no. 66).


Betapa indah ucapan Imam Syâfi’i rahimahullah :

لَوْ أَنَّ اْلمَاءَ اْلبَارِدَ يَثْلَمُ مِنْ مُرُوْءَتِيْ شَيْئًا مَا شَرِبْتُ اْلمَاءَ إلاَّ حَارًّا

Seandainya air yang dingin merusak kewibawaanku (kehormatanku), maka saya tidak akan minum air kecuali yang panas saja. (Manâqib asy-Syâfi’I, Imam ar-Râzy hlm. 85. Nukilan Ma’âlim fi Tharîq Thalabil’ilmi hlm. 166).


Untuk mengetahui bagaimana sebenarnya karakter diri anda atau karakter orang lain, mudah diketahui. Cukup melihat dengan siapa anda atau orang lain itu bergaul atau berteman dekat.

Orang yang bergaul dengan penjudi, maka bisa dipastikan bahwa orang itu berkarakter suka berjudi. Siapa saja yang bergaul atau berteman dekat dengan peminum atau pemabuk, maka dia sebenarnya suka minum-minuman keras dan seoran yang doyan mabuk. Demikian pula bagi si penyombong, ia akan merasa pas jika bergaul dengan orang yang berkarakter sombong.

Sebailknya, orang yang bergaul dengan mereka yang rajin ibadah, berjamaah di masjid, maka karakter orang itu sebagai orang yang rajin beribadah. Seseorang yang berteman dekat dengan ahli shadaqoh dan beramal shaleh, maka orang dimaksud adalah sosok yang berkarakter ahli shadaqah dan beramal shaleh.

Jadi jelaslah, watak atau karakter maupun tabiat seseorang banyak dipengaruhi oleh teman dekat atau saling bersesuaian dengan teman bergaul sehari-harinya. Untuk itu, begitu penting kiranya untuk memilih teman bergaul. Hadits-hadist dan ayat-ayat Al-Qur’an diatas merupakan pelajaran untuk memilih teman bergaul.
Semoga bermanfaat saudaraku. *(M2/DI/Red)*