Sabtu, 14 Juli 2018

KPK Amankan 12 Orang Terkait Kasus OTT Eni Maulani Saragih

Baca Juga

Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat mengonfirmasi sejumlah awak media.

Kota JAKARTA - (harianbuana.com).
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengamankan 3 (tiga) orang lainnya terkait dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang menjerat Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih. Dengan demikian, total ada 12 orang yang diamankan KPK sejak Jum'at (13/07/2018) kemarin.

"Tadi malam (Red: Jum'at, 13 Juli 2018 malam), tim kembali mengamankan tiga orang lainnya, kemudian dibawa ke kantor KPK. Sehingga total yang diamankan adalah 12 orang", terang Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat ditemui di kantor KPK jalan Kuningan Persada - Jakarta Selatan, Sabtu (14/07/2018).

Meski demikian, Febri Diansyah enggan merinci dari unsur apa 3 orang lainnya yang kembali diamankan Tim Penyidik KPK. Hanya dikatakannya, jika ketiga orang yang diamankan itu diduga masih terkait dengan perkara yang menjerat Eni Maulani Saragih. "Mereka dinilai mengetahui bagian dari rangkaian peristiwa dalam kasus ini", kata Febri Diansyah.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya, dalam operasi super senyap yang digelar Tim Satgas Penindakan KPK pada Jum'at 13 Juli 2018, KPK berhasil mengamankan 9 (sembilan) orang melalui OTT. Mereka, yakni Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih, Staf Ahli, sopir dan pihak swasta lainnya. Eni Maulani Saragih diamankan KPK ketika berada di rumah dinas Menteri Sosial Idrus Marham pada Jum'at (13/07/2018) kemarin sore.

Selain mengamankan 12 orang tersebut, dalam kegiatan OTT tersebut, Tim Satgas Penindakan KPK juga berhasil menyita uang diduga barang bukti transaksi secara melawan hukum bernilai sekitar Rp. 500 juta. Diduga, uang tersebut terkait dengan tugas Komisi VII.

Terkait keberadaan ke-12 orang yang diamankan KPK tersebut, menurut Febri, saat ini (Sabtu, 14 Juli 2018) ke-12 orang tersebut tengah menjalani pemeriksaan di KPK. Dipastikannya, KPK akan menyampaikan hasil penindakan, penyelidikan dan status hukum ke-12 orang yang diduga terlibat perkara yang tengah diungkap KPK ini, nanti sore atau malam hari. "Hasil dari kegiatan penindakan KPK kemarin akan disampaikan sore atau malam ini", pungkas Febri Diansyah seraya memastikan. *(Ys/DI/Red)*

BERITA TERKAIT :
*OTT Eni Maulani Saragih Di Rumah Idrus Marham, KPK Sita Rp. 500 Juta ?